PT Penerbit IPB Press meluncurkan buku berjudul Integrity: A Core Value for A Great Success yang ditulis oleh Naufal Mahfudz dalam dwi bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, di arena International Indonesia Book Fair 2023 ICE BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (28/09).

“Buku ini diterbitkan dalam dwi bahasa dan diluncurkan dalam acara Indonesia Internasional Book Fair 2023. Penerbitan buku ini didasari karena masih belum banyaknya buku terbitan IPB Press yang berbahasa Inggris dan dapat dikerjasamakan dengan penerbit-penerbit internasional.” ungkap Direktur IPB Press, Erick Wahyudyono.

Buku ini merupakan catatan pengalaman panjang Naufal sebagai seorang praktisi manajemen yang dirangkai menjadi artikel dan opini yang sebagian dimuat di beberapa media massa. Artikel-artikel dan opini-opini ini kemudian dihimpun dan diikat menjadi sebuah buku.

Naufal saat ini dipercaya sebagai CEO PT BLST Holding Company IPB University, setelah sebelumnya mengabdi sebagai Direktur Umum dan SDM BPJamsostek dan Direktur SDM, Teknologi, dan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara.

Baca juga: UPJ luncurkan buku berisi kajian keunggulan 42 kota Indonesia

Sembilan judul tulisan yang singkat dan padat namun mudah dicerna di buku ini diringkas dalam beberapa kalimat di akhir buku ini oleh Naufal sebagai berikut : “Integritas adalah mata uang yang berlaku di seluruh belahan dunia, dan nilainya selalu tetap dari masa kemasa. Kita tidak perlu lagi menukarnya di tempat penukaran uang. Kita dapat menggunakan mata uang integritas ini untuk melakukan seluruh transaksi kehidupan kita di mana pun kita berada. Manusia yang berintegritas akan mendapatkan kepercayaan dari sesama.”

Dalam kata sambutannya, Wakil Rektor IPB University bidang Resiliensi Sumberdaya dan Infrastruktur, Alim Setiawan Slamet, mengatakan bahwa “Integritas itu satu kata, satu perbuatan. Apa yang dibicarakan, akan sama dengan apa yang dilakukan. Integritas dibentuk secara bertahap dan terus ditingkatkan. Dimulai dari kebiasaan.”

Sedangkan Zaim Uchrowi, wartawan senior yang saat ini sebagai Ketua Yayasan Karakter Pancasila menyatakan bahwa “Elemen sukses itu bukan hanya dari segi material, tapi yang utama adalah bahagia. Bahagia yang bukan kesenangan sesaat, tetapi bahagia abadi dunia dan akhirat. Buku ini luar biasa karena bukan hanya sekedar pengetahuan tapi juga perjalanan sang penulis. Integritas akan membawa kita ke kesuksesan sejati. Karenanya baca dengan serius dan cermati isi bukunya.”

Baca juga: Anak Kolong Menjemput Mimpi, Buku Biografi Politik 70 Tahun Menkumham RI

Peluncuran buku di Lobby Stage Hall 1 ICE BSD City dihadiri lebih dari seratus orang yang berasal dari berbagai kalangan dan daerah. Direktur IPB Press yang sekaligus bertindak sebagai moderator menyimpulkan hasil pembahasan dari dua narasumber yaitu “Sesuai kutipan di buku Integrity ini, integritas adalah mata uang yang berlaku di seluruh belahan dunia dan nilainya selalu tetap dari masa ke masa. Ini artinya integritas itu tidak butuh “money changer” dan tidak tergantikan.

Tantangan sebagai penerbit saat launching buku ini adalah: Buku ini menceritakan "satu kalimat tuju". Satu kata, satu perbuatan. Akhir-akhir ini banyak berita korupsi menjadi konsumsi sehari-hari. Kami berharap buku ini menjadi inspirasi yang dapat menggugah hati berkontribusi untuk negeri”.

Baca juga: Hasto ajak kader PDIP Banten berani berimajinasi dan baca buku

 

Pewarta: Bayu Kuncahyo

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023