Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono mengecam keras terhadap aksi kekerasan dan perusakan terhadap kios pedagang Pasar Kutabumi, Kabupaten Tangerang, Banten yang dilakukan oleh sejumlah orang diduga preman.

"Kami sangat menyayangkan dengan adanya kejadian ini, hal-hal kekerasan seperti ini seharusnya tidak boleh terjadi di Indonesia. Tindakan humanis itu harusnya yang dikedepankan," kata Andi usai meninjau lokasi kejadian perusakan di Pasar Kutabumi, Pasar Kamis, di Tangerang, Minggu.

Ia mengaku, dengan adanya peristiwa perusakan dan kekerasan terhadap para pedagang tersebut, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan TNI/Polri untuk melakukan penanganan dan penindakan secara tegas terhadap pelaku.

"Kami sudah koordinasi dengan pihak forkopimda dan kepolisian," katanya menambahkan.

Baca juga: Belasan kios pasar di Tangerang dirusak sekelompok orang

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya juga akan segera menindaklanjuti terkait penanganan para pedagang yang menjadi korban penganiayaan dari orang tidak dikenal tersebut.

"Nanti kita akan tindak lanjuti segera. Untuk penanganan hukum akan dilakukan pihak kepolisian," kata dia.

Sementara itu, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sigit Dany Setiyono menambahkan bahwa atas terjadinya peristiwa itu pihaknya telah mengerahkan sejumlah personel ke tempat kejadian perkara (TKP) untuk melakukan pengamanan dan pencegahan tindakan yang tidak diinginkan.

"Sekaligus pada saat ini kami akan menjamin kondisi telah kembali normal dan berhasil di tangani," ungkapnya.

Baca juga: Asap misterius keluar dari kotak suara pilkades di Tangerang

Ia mengungkapkan, tim penyidik Polresta Tangerang saat ini tengah melakukan penyelidikan dan investasi lebih dalam untuk menangkap para pelaku aksi premanisme yang terjadi di Pasar Kutabumi.

"Selanjutnya kami mengimbau kepada pihak yang terlibat untuk secara suka rela untuk menyerahkan diri kepada polisi dan kami akan menegakkan hukum secara profesional," kata dia.

Sebelumnya, belasan kios milik pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten dirusak paksa pada Minggu sore oleh sekelompok massa diduga preman.

Perusakan kios pasar itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB yang dilakukan ratusan orang tak dikenal dengan memakai sejumlah barang seperti batu hingga balok.

Baca juga: Ganjar Pranowo silaturahmi dengan tokoh agama di Tangerang

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023