Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menjadi saksi deklarasi kebangsaan pencabutan Baiat 320 Mantan Negara Islam Indonesia (NII) wilayah Banten dan Jawa Barat di Jalan Aceh nomor 69 Bandung Jawa Barat, pada Kamis (14/9) malam.
 
Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Jumat, Al Muktabar bersama Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin juga melakukan pemasangan pin NKRI kepada dua orang secara simbolis sebagai tanda kembalinya mantan NII menjadi Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
"Alhamdulillah saudara-saudara kita tadi di depan Bapak KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, segenap Forkopimda Jabar dan Banten serta kami selaku wakil Pemerintah Pusat di Daerah menyaksikan deklarasi dan komitmen kembalinya saudara kita ke NKRI," katanya.
 
Al mengatakan, telah membubuhkan tanda tangan sebagai saksi secara tertulis bahwa pengakuan-pengakuan di dalam dokumen deklarasi itu harus dijaga terus menerus.

Baca juga: Forum Pengawasan Desa diharapkan bersinergi bangun desa di Banten
 
Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menegaskan, landasan ideologi Pancasila dimana memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan satu kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
"Sering saya sampaikan bahwa pondasinya adalah kebhinnekaan, tiangnya adalah persatuan dan kesatuan, atapnya adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.
 
Pada kesempatan itu, Jenderal Dudung mengajak semua lapisan masyarakat, seluruh unsur Pemerintah, TNI, dan Polri untuk menjalin kerja sama. Dirinya meyakini bahwa nilai kebangsaan cinta Tanah Air dan bela negara terpatri kuat di masyarakat Banten dan Jawa Barat.
 
"Mari kita jalin kerja sama, merajut kebangsaan cinta Tanah Air dan saya punya keyakinan bahwa nilai-nilai kebangsaan kecintaan tanah air dan bela negara masih terpatri," sambungnya.
 
Agenda Kunjungan Kerja ini bertema "Wawangi Wangsit Siliwangi" yang diisi hiburan dari Rampak bedug Banten dari sanggar persada salabentar Pandeglang.
 
Rangkaian kunjungan ini juga dilakukan Penobatan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai Bapak Asuh Budaya Jabar dan Banten dimana piagam penobatannya diserahkan langsung oleh Tihami selaku Tokoh Budaya Banten dan Didi Turmudzi selaku Tokoh Budaya Jawa Barat.
 
Selain itu terdapat juga penobatan Duta Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Hasto Wardoyo kepada Ketua Umum Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana Ny. Rahma Dudung Abdurachman.

Baca juga: Jenderal Dudung Abdurachman jadi bapak asuh budaya Banten dan Jabar

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023