Tangerang (Antara News) - Bethsaida Hospitals, rumah sakit di Gading Serpong Kabupaten Tangerang menjalin kerja sama dengan Chang Gung Memorial Hospital, rumah sakit terbesar di Taiwan diantaranya dibidang konsultasi medis.

"Kerja sama ini merupakan upaya kami dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat," kata Direktur Bethsaida Hospitals, dr. Bina Ratna, KF, MM, usai MOU ke dua rumah sakit di Tangerang, Senin.

Ratna mengatakan, sebagai tahap awal kerja sama berupa konsultasi medis, serta secara bertahap akan terus ditingkatkan terutama dibidang teknologi kesehatan, apalagi Chang Gung telah menjalin kerja sama dengan dua rumah sakit besar di Indonesia.

Ratna juga mengungkapkan, Chang Gung Memorial Hospital memiliki teknologi pengobatan kanker terbesar di Asia yang menggunakan terapi proton, melalui kerja sama ini diharapkan dapat belajar dari ahlinya langsung.

Lebih jauh Penasehat Bethsaida Hospitals, chandra Rahardja mengatakan, perlunya rumah sakit yang tengah berkembang seperti Bethsaida yang baru berdiri empat tahun silam untuk membuka diri dengan cara menjalin kerja sama dengan berbagai institusi.

Chandra mengatakan, untuk detil kerja sama kedua institusi memang masih harus dibicarakan lebih jauh melalui berbagai pertemuan lanjutan, MOU merupakan langkah awalnya saja.

Lebih jauh Dr. Pang See Tong dari Chang Gung Memorial Hospital mengatakan, sudah banyak rumah sakit di dunia yang menjalin kerja sama dengan pihaknya, diantaranya dibidang teknologi penyembuhan kanker.

Pang See Tong mengatakan, Chang Gung memiliki teknologi pengobatan kanker menggunakan terapi proton sehingga sel kanker dapat dimatikan tanpa harus mengganggu sel yang masih sehat.

Penyakit kanker seperti otak, hati, mata, serta beberapa lainnya dapat diobati menggunakan terapi yang biaya untuk membangun teknologi ini masih sangat mahal, ujar dia.

Pang See Tong mengatakan, Chang Gung merupakan rumah sakit terbesar di Taiwan berdiri sejak tahun 1978 memiliki empat pusat layanan, 10.000 tempat tidur, dan 5.000 tenaga medis.

"Kami juga memiliki Institute of Technology dan Chang Gung University," kata Pang See Tong.

Ratna mengatakan, saat ini Bethsaida Hospital tidak hanya memberikan pelayanan kepada masyarakat di kabupaten Tangerang dan sekitarnya, tetapi juga dari Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

"Kami juga telah mendapat status akreditasi paripurna (bintang lima) dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) karena dukungan dari tenaga medis terlatih dan profesional ditambah peralatan yang lengkap dan modern," kata Ratna.
    

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017