Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang melakukan pengujian pangan di pasar modern terkait keamanan pangan, label, dan sanitasi higiene, dalam penanganan produk selama dalam peredaran.

Kepala DKP Kota Tangerang Muhdorun di Tangerang, Selasa, mengatakan pengujian ini sebagai upaya jaminan kepada masyarakat dalam mendapatkan pangan segar.

"Pada uji rapid test kit formalin dan residu pestisida pada 26 sampel hasilnya semua negatif, atau aman, seperti kulit ayam, ceker, kepala ayam, cumi, kerang dara, ikan bawal, cumi, udang, hingga salmon, dan lainnya, semua teruji aman dari formalin atau pestisida," katanya.

Baca juga: Jumlah wisatawan di Kota Tangerang semester I capai 7,57 juta jiwa

Pada hari ini tim melakukan pengujian di pasar Modern yaitu Pasar Modern Town Market Tangerang dan ritel seperti Indogrosir Cikokol, Kecamatan Tangerang

Dalam kegiatan itu pihaknya juga melakukan pemeriksaan standar pemotongan halal pada unggas. Dari 37 unggas yang diperiksa yakni lewat bekas sayatan pada leher unggas, tercatat dalam kondisi sempurna atau aman. "Sudah sesuai dengan ketentuan," katanya.

Sementara itu DKP Kota Tangerang telah memfasilitasi 13 Pojok Uji Keamanan Pangan di 13 pasar tradisional maupun pasar modern di kota itu dengan lokasi terbaru di Pasar Plaza Baru dan Pasar Saraswati Ciledug.

"Pojok Uji Keamanan Pangan ini siap melayani masyarakat setiap harinya tanpa libur. Layanan ini dapat dimanfaatkan para konsumen maupun para pedagang itu sendiri, untuk dapat langsung meminta pengujian pangan secara gratis," katanya.

Baca juga: Lima karateka Kota Tangerang wakili Banten di PON 2024

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023