BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cikokol, Kota Tangerang, Banten, berharap kerja sama dengan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) terkait kemudahan pendaftaran dan pembayaran melalui aplikasi "AYO Toko" dapat memastikan pekerja memperoleh perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Jika semakin mudah pendaftaran dan pembayaran, diharapkan kesadaran masyarakat khususnya di Kota Tangerang akan jaminan sosial tenaga kerja ini semakin tinggi karena perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja sangat penting dalam memastikan pekerja dan keluarganya mendapatkan perlindungan atas risiko sosial ekonomi yang rentan terjadi ketika pekerja mengalami salah satu risiko kerja," kata Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cikokol Zain Setyadi dalam keterangannya di Tangerang, Selasa.

BPJS Ketenagakerjaan dan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) kembali bekerja sama terkait kemudahan pekerja mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Kolaborasi kali ini memungkinkan pekerja untuk mendaftar sekaligus membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan melalui fitur Pojok Untung dan Pojok Bayar pada aplikasi "AYO Toko" by SRC.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan target 500.000 peserta baru kategori mandiri

Zain mengatakan manfaat sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan salah satunya adalah biaya perawatan pengobatan tidak ada limit sampai peserta dinyatakan sembuh.

Dia berharap, ketika pekerja mengalami risiko sosial ekonomi, BPJS Ketenagakerjaan dengan programnya jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, jaminan kematian  dan jaminan kehilangan pekerjaan bisa hadir untuk membantu dan masyarakat bisa melanjutkan kehidupan ekonominya.

“Dengan kegiatan ini, kita akan mendapat hasil yang baik, dan semoga khususnya masyarakat yang bekerja sudah tidak ada isu lagi mereka belum dilindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan," ujarnya.

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin dalam keterangannya menuturkan kolaborasi dengan SRCIS ini diharapkan dapat memberikan perlindungan bagi 225.000 Toko SRC yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Program yang sangat baik ini merupakan bentuk kehadiran negara dalam melindungi seluruh pekerjanya. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi pihak-pihak yang memiliki visi yang sama, seperti SRCIS, yang mendukung kami untuk memperluas jangkauan BPJS Ketenagakerjaan,” kata Zainudin.

Direktur SRCIS Rima Tanago menambahkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan ditujukan untuk pemerataan akses perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang telah berjalan sejak Februari 2023.

Selain itu, perluasan jangkauan BPJS Ketenagakerjaan melalui Toko SRC juga sejalan dengan gerakan #JadiLebihBaik yang digagas untuk merangkul seluruh pelaku UMKM agar semakin maju, berkembang dan naik kelas.

"Kami tentu sangat gembira bahwa kerja sama ini mendapatkan sambutan yang begitu antusias dari para pemilik Toko SRC. Sudah ada lebih dari 5.000 warga Indonesia  mendaftarkan diri untuk BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi AYO Toko by SRC,” ujar Rima.

Baca juga: Belasan juta peserta BPJS Kesehatan berisiko penyakit kronis

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023