Pengurus Institute of Certified Management Accountants (ICMA) menyelenggarakan pertemuan tahunan sebagai wujud pertanggungjawaban di Hotel Ciputra, Jakarta, Jumat (11/8).

"Pertemuan mengagendakan pertanggungawaban pengurus periode 2019-2023, sekaligus menetapkan pengurus baru 2023-2026," sebut siaran pers yang diterima, Selasa.

Setelah melalui proses seleksi, proksi suara dari anggota, Prof. Janek Ratnatungga (Global CEO ICMA) dan Dr. Chris D’Souza (Global CFO and COO ICMA) mengumumkan komite dan dewan keanggotaan ICMA Indonesia dengan posisi berikut:
-    President: Mr. Nursakti Niko Rosandy, CA, CPMA, CMA, CIB, CIR, ACPA
-    Vice President: Dr. Ana Sopanah Supriyadi, SE, MSi, Ak, CA, CMA
-    Honorable Secretary: Ms. Dwi Novayanti, CA, CMA
-    Honorable Treasurer: Mr. Inu Pinandito, CMA, PFM
-    Council Member: Dr. Gede Harja Wasistha, CMA; Dr. Wiwiek Daryanto, CMA; Mr. A. Agus Susanto, CMA; Dr. Leonardus Wahyu Wasono Mihardjo, CMA; Dr. (Can) Ervina Waty, CMA; Mr. Daniel Godwin Sihotang, CMA; Dr. Harnoviansyah, CMA
Dan mengumukan penetapan Committee dan Council Member untuk Chapter Surabaya, Yogyakarta, dan Depok.
ICMA – Surabaya Chapter:
-    Dr. Josua Tarigan, CMA
-    Dr. Hendri Kwistianus, CMA
-    Ms. Saarce Elsye Hatane, CMA
-    Mr. Andy Setiabudi, CMA
ICMA – Yogyakarta Chapter:
-    Mr. Faiz Zamzami, CMA
-    Ms. Dianila Oktyawati, CMA
-    Mr. Ferrylieno Pamungkas, CMA
-    Dr. Mahmudi, CMA
ICMA – Depok Chapter:
-    Dr. Muhammad Zulkifli, CMA
-    Mr. Anthony Feryanto, CMA
-    Mr. Adi Nugraha, CMA
-    Mr. Iman Subekti, CMA

ICMA adalah asosiasi profesi internasional, dalam bidang akuntansi manajemen, yang menaungi para kreator nilai (value-creators) di perusahaan, lembaga pemerintah, dan institusi pendidikan. 

Beberapa area dan fungsi keanggotaan CMA meliputi: analisa perencanaan keuangan, mitra bisnis pembiayaan, akuntan, perbendaharaan, tata kelola, risiko, kepatuhan, audit, strategi, investasi, harga, pemasaran, analisa data, manajemen informasi, logistik, sumber daya manusia, dan bidang lainnya.

ICMA memiliki cabang  di 20 negara, salah satunya ada di Indonesia. ICMA Indonesia memiliki keanggotaan lebih dari 2.000. 

Berdasarkan hasil pertanggungjawaban, ICMA telah menyelenggarakan seminar internasional IMAC, CFO Awards, dan 50+ series CMA Professional Forum yang telah memberikan dampak pada lebih dari 10.000 peserta di Indonesia dan Global.

Selain sebagai President ICMA, Mr. Nursakti Niko Rosandy merupakan profesional di Telkomsel dan INDICO (Indonesia Digital Ecosystem), yang saat ini berfokus dalam pengembangan ekosistem dan startup digital di Indonesia. Di dalam kepengurusan sebelumnya, merupakan Honorable Treasurer dan Mastermind untuk CMA Professional Forum. 

Melalui kepengurusan baru dibawah Mr. Nursakti Niko Rosandy, ICMA berkomitmen untuk terus melanjutkan kolaborasi program dengan berbagai perusahaan, lembaga pemerintahan, institusi pendidikan, dan asosiasi profesi lainnya, agar dapat terus memberikan dampak luas untuk bangsa, negara, dan masyarakat Indonesia.

Menutup diskusi, dalam pertemuan tahunan global ini juga disampaikan ajang besar  ICMA pada akhir tahun 2023 ini yaitu  seminar internasional IMAC 2023 (International Management Accountant Conference) yang akan mengulas tentang isu keberlanjutan. 

Seminar ini berjudul “Accountants can Save the Planet” dan rencananya akan dilangsungkan 20 November di UK Petra, Surabaya. Beberapa topik terkini yang akan dibahas meliputi:
-    Future Proofing Indonesian Companies for Profit, People, and the Planet.
-    The Global Food System: The Impact on People, Profit, and the Planet.
-    The Time is Now: How the Accountancy Profession is Enabling Sustainability through Standard-Setting.
-    The Sustainability Program (Carbon Trading, SDG/ESG, Ecotourism).
-    From Data to Disclosure: Mastering the Art of Sustainability Reporting.
-    Accountant for a Better World: Exploring the Intersection of Sustainability and Profitability.





 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023