Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Provinsi Banten mengadakan lomba kreasi kader posyandu untuk meningkatkan semangat para kader yang ada di tiap kecamatan serta budaya  Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada lingkungan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni di Tangerang Jumat mengatakan peserta yang berpartisipasi pada lomba ini berasal dari 13 Kecamatan dan setiap kecamatan diwakilkan oleh satu orang untuk satu jenis lomba.

Baca juga: Cegah anemia, 100 siswi di Kota Tangerang ikuti skrining kesehatan

"Tidak hanya lomba kader posyandu saja yang dilaksanakan. Tetapi, ada juga lomba RW PHBS dan juga penilaian posyandu. Ini bagian dari kemeriahan HUT kemerdekaan republik indonesia," katanya di Aula E Kantor Dinas Kesehatan Kota Tangerang

Ia menambahkan untuk penilaian setiap lomba berbeda - beda. Misalnya saja untuk lomba RW PHBS, penilaian berdasarkan kunjungan lokasi. Kemudian untuk penilaian posyandu berdasarkan keaktifan posyandu dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Dalam sehari Disdukcapil Tangerang terima 200 pengajuan KTP digital

Lalu untuk kader posyandu dinilai dari inovasi, kreativitas dan kemampuan memotivasi dan menggerakan masyarakat. "Tim penilai pada lomba ini selain dari Dinas Kesehatan, ada juga dari TP PKK Kota Tangerang," katanya.

Dinas Kesehatan sudah menyiapkan berbagai kegiatan di bulan Agustus ini. Di antaranya adalah kegiatan imunisasi di Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), imunisasi Rotavirus dan HPV.

"Kami tentu berharap selain para kader menjadi lebih semangat, kami juga berharap bahwa PHBS ini dapat menjadi budaya yang dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari oleh seluruh masyarakat Kota Tangerang. Dari PHBS, bukan hanya untuk kesehatan kita pribadi saja tapi untuk keluarga dan masyarakat Kota Tangerang yang lenih sehat," demikian Dini Anggraeni.

Baca juga: DKP Kota Tangerang gelar pangan murah merdeka di 13 kecamatan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023