Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha menegaskan perlunya langkah tegas dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) untuk mengurangi emisi karbon. 

"Kami mendorong kepada pemerintah kota sebaiknya melakukan uji emisi secara rutin dan mempertimbangkan pembatasan kendaraan berdasarkan tahunnya," kata Giring dalam keterangan yang diterima media di Tangerang, Senin.

Perlu diketahui DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tangerang Selatan menggelar Solidaritas Muda Festival (Soda Fest) dan berjalan sesuai harapan.

"Dengan Soda Fest, kami berharap masyarakat tidak lagi merasa kesal tinggal di Tangsel. Untuk mencapai tujuan ini, kami telah melakukan kegiatan pembersihan sampah dan memberikan edukasi tentang pencemaran udara pada tanggal 29 Juli lalu," kata Ketua DPD PSI Tangerang Selatan yakni Andreas Arie Nugroho sebelumnya.

Baca juga: PSI Tangsel soroti pentingnya pengelolaan sampah disertai penegakan hukum

Kegiatan Soda Fest diawali dengan Kembulan, di mana para kader PSI aktif berpartisipasi dalam memasak dan menyediakan makanan massal. 

Plt Sekjen PS Isyana Bagoes Oka menyoroti pentingnya gerakan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) dan upaya PSI yang harus diadopsi oleh Pemerintah Kota Tangsel untuk mengurangi tumpukan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Cipeucang.

Isyana Bagoes Oka menambahkan, PSI juga bekerja sama dengan Bank Sampah di Tangsel untuk menukar botol plastik bekas dengan minyak goreng. 

"Kesadaran masyarakat dalam memilah sampah perlu ditingkatkan. Ini penting agar sampah tidak hanya menumpuk di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Cipeucang," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPW PSI Provinsi Banten, Muhammad Hafizh Ardianto menyatakan Soda Fest juga dijadikan ajang untuk belajar dan bergembira, dengan penampilan kuda lumping sebagai bagian dari tema 'Chill Bersama Rakyat'.

Gelaran Soda Fest turut menampilkan Kuda Lumping yang sebelumnya ditunggangi Giring Ganesha di Soda Fest Yogyakarta sebagai simbol PSI sebagai kuda hitam di Pemilu 2024.

Baca juga: Tingkatkan dukungan di Banten, Gardu Ganjar kolaborasi dengan JBB
Baca juga: Ratu Tatu: Golkar kondusif, tak ada alasan munaslub

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023