Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Kota Tangerang dituntut melakukan inovasi terobosan dalam menambah pendapatan daerah

"Melalui inovasi diharapkan mampu membawa perseroan menjadi lebih kompetitif, produktif, serta memberikan kontribusi dalam mendukung peningkatan pendapatan daerah dan pembangunan perekonomian di Kota Tangerang," kata Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman dalam pembukaan Rapat Koordinasi BUMD dan BLUD Kota Tangerang Tahun 2023 di Ruang Akhlakul Karimah, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jumat.

Menurut dia, BUMD dan BLUD merupakan dua bagian yang memiliki peran krusial dalam menyediakan layanan berkualitas untuk masyarakat di Kota Tangerang.

Untuk itu perlu adanya sinergitas antara keduanya agar kebutuhan di sektor-sektor penting dapat terpenuhi dan juga menggerakkan roda perekonomian guna memajukan kesejahteraan masyarakat di Kota Tangerang.

Baca juga: Persita Tangerang tahan imbang 2-2 Persikabo 1973

Di era digital yang serba dinamis dan penuh tantangan ini, diperlukan kesepahaman dan tekad yang kuat dari BUMD dan BLUD untuk mengatasi berbagai hambatan yang mungkin terjadi dengan membuat terobosan baru yang inovatif.

"Saya berharap dapat dirumuskan langkah-langkah strategis yang konkret dan dapat diimplementasikan secara nyata," ujarnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Tangerang, Yeti Rohaeti menjelaskan kegiatan ini bertujuan agar BUMD dan BLUD dapat terus meningkatkan kinerja dan perekonomian di Kota Tangerang di tahun 2023 dan seterusnya.

Tak hanya itu saja, BUMD dan BLUD di Kota Tangerang dapat memperluas cakupan pelayanan, meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), memperluas jaringan, dan terkhusus menyesuaikan tarif sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) terkait retribusi

“Kedepannya, diharapkan tetap fokus tujuan awal dibentuknya BUMD dan BLUD, yakni tetap memprioritaskan pelayanan umum, adanya perbaikan dalam kinerja administrasi, serta juga berdampak meningkatkan profit untuk perekonomian di Kota Tangerang secara signifikan,” pungkasnya.

Perlu diketahui, kegiatan rapat dihadiri oleh Perumda Pasar Kota Tangerang, Perumda Tirta Benteng, PT. Tangerang Nusantara Global, RSUD Kota Tangerang, Labkesda Kota Tangerang serta Puskesmas di Kota Tangerang.

Baca juga: Bupati harap kafilah Tangerang kembali raih prestasi di MTQ provinsi
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023