Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar berharap kafilah yang mengikuti sejumlah lomba pada Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-XX tingkat Provinsi Banten itu bisa kembali meraih prestasi terbaik.

"Insya Allah dilihat dari persiapan (kafilah Tangerang) peluang untuk kembali jadi juara sangat terbuka. Dan kita sangat optimis mencapai target juara (MTQ ke-XX) ini," kata Zaki di Tangerang, Kamis.

Ia mengungkapkan, keoptimisan untuk kembali meraih juara itu terlihat dari kesiapan para kafilah yang dinilai sudah matang sebelum perhelatan MTQ tersebut digelar.

Dia juga menambahkan, Prestasi yang nantinya diraih oleh masing-masing kafilah itu akan membawa harum nama daerah. Disamping bagi mereka yang menjuarai lomba tersebut bisa mengikuti kegiatannya yang lebih tinggi lagi di tingkat nasional maupun internasional.

"Total kafilah ada 140 dengan 40 peserta dengan mengikuti seluruh perlombaan yang di MTQ," katanya.

Kemudian, untuk hal lainnya, Zaki berharap dengan adanya penyelenggaraan MTQ tingkat provinsi yang sebagaimana daerahnya menjadi tuan rumah pelaksanaan musabaqoh ini dapat berdampak positif terhadap masyarakat setempat.

"Terutama melanjutkan tradisi syiar islam, baik mendidik generasi penerus maupun bisa melanjutkan prosesi rangkaian ritual kegiatan keagamaan hari besar islam di Tangerang," ungkap dia.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Banten secara resmi telah membuka gelaran MTQ tingkat provinsi yang dilaksanakan di Kabupaten Tangerang pada 25 sampai 30 Juli 2023.

Ketua Panitia MTQ ke-XX Provinsi Banten Virgojanti mengatakan kegiatan tersebut diikuti 431 peserta dari empat kabupaten dan empat kota .

Untuk pelaksanaan MTQ tersebut pihaknya menyiapkan 12 arena, diantaranya arena utama untuk pelaksanaan lomba Tilawah Dewasa dan Qiroat Sab'ah di Alun-alun Tigaraksa dan arena 2 untuk Tilawah Murotal dan Canet di Masjid Nurul Ulum Jalan Rajawali PWS Margasari.  
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023