Serang (Antara News) - Hari pertama kegiatan belajar di sekolah dasar kota Serang, mayoritas orang tua murid terutama kelas 1 hadir mendampingi putra-putrinya, bahkan beberapa diantaranya terpaksa ikut masuk kelas.

"Saya berharap anak-anak kelas 1 ditunggu orang tuanya cukup seminggu saja, setelah itu mereka harus sudah berani masuk kelas mengikuti perlajaran bersama teman-temannya," kata Kepala Sekolah SDN 16 Kota Serang, Dedi Septiadi di Serang, Banten, Senin.

Dedi mengatakan kegiatan belajar yang diberikan kepada kelas 1 SD sifatnya barulah perkenalan terhadap guru yang menjadi wali kelasnya, juga guru yang mengajar di kelas berikut, serta guru bidang seperti agama, pencak silat, dan bahasa Inggris.

Program belajar siswa kelas 1 SD lebih banyak belajar sambil bermain, pengenalan angka dan huruf, pengenalan penulisan baik huruf kapital maupun huruf kecil, serta penulisan angka, kata H. Imam Rosidi, guru di SDN Bhayangkari.

"Metodanya juga berbeda dengen kelas-kelas lanjutan, harus ekstra sabar serta lebih memahami karakter dan sifat masing-masing murid," ujar Imam.

Suriat, guru SDN Pabuaran 1 Walantaka juga mengatakan hal yang sama, untuk menghadapi murid kelas 1 yang baru masuk harus ekstra sabar dan harus bisa mengontrol emosi.

Pewarta: Dyah, Eli, Danu

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016