Serang (Antara News) - Gubernur Banten Rano Karno menyatakan, Taman Hutan Raya (Tahura) Banten bisa menjadi model 'eco edu tourism' atau kawasan pendidikan berbasis alam dan pariwisata.

"Keberadaan Tahura dengan segala potensinya sangat menunjang kegiatan pariwisata untuk pendidikan berbasis alam, kepentingan penelitian, menunjang budidaya dan menjadi salah satu destinasi wisata andalan. Tahura Banten ini bisa dijadikan model Tahura penelitian, bekerjasama dengan badan penelitian atau pihak lainnya untuk mengembangkan jenis tumbuhan tertentu dan pengembangan tanaman," kata Rano Karno pada peringatan Hari Bumi tahun 2016, di kawasan Taman Hutan Raya Carita, Desa Sukarame, Kecamatan Carita, di Pandeglang, Minggu.

Dalam peringatan Hari Bumi tingkat Provinsi Banten tersebut, hadir Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Sebanyak 10.000 batang bibit pohon ditanam dikawasan Tahura seperti pohon miranti, kecapi, petai dan bibit pohon lainnya.

Menurut Gubernur Banten, kawasan Tahura Banten ini terletak di empat Desa, yaitu Desa Sukanegara, Cinoyong, Sukarame dan Desa Kamoyang yang berada di Kecamatan Carita Pandeglang. Pengelolaan Tahura dilaksanakan oleh Pemprov Banten dengan berbagai programnya dalam upaya membangun kawasan pelestarian alam untuk kemaslahatan bagi masyarakat Banten.

"Tahura perlu dilestarikan sebagai mega biodiversity dan edu-ecotourism untuk kesejahteraan masyarakat," kata Rano.

Pihak Pemprov Banten melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan telah melakukan upaya untuk mempertahankan Tahura ini sebagai kawasan konservasi bahkan sebelum ditetapkan.

Kedepan, kata Rano, di lahan Tahura ini akan dibangun kebun koleksi bambu nusantara seluas 2 Hektar bekerjasama dengan akademi bambu nusantara dan menginisiasi kebun durian jenis musang king seluas 1 Hektar bekerjasama dengan yayasan durian Indonesia.

"Ini upaya untuk rehabilitasi dengan berbagai jenis tumbuhan ditambah dengan pembangunan sarana dan prasarana lainnya," katanya.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016