Khatib Shalat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid Al Furqon, Rangkasbitung, Kamis, Ustadz Apud Sihabudin meminta generasi muda mencontoh keteladanan Nabi Ibrahim AS yang harus mengkurbankan anak anak semata wayang Ismail AS atas perintah Allah SWT.
 
"Kita berharap keteladanan dan keimanan Nabi Ibrahim pada Allah SWT tentu patut dicontoh bagi generasi muda," kata Ustadz Apud di hadapan jamaah Persatuan Islam (Persis) Kabupaten Lebak di halaman Masjid Al Furqon, Rangkasbitung, Kamis 
 
Keimanan kepada Allah apapun perintahnya dapat dilaksanakan, termasuk berkurban hewan juga melakukan ibadah sholat Idul Adha.
 
"Kita minta umat muslim harus rela berkurban hewan maupun membantu lainnya untuk memberikan kesejahteraan masyarakat," katanya menambahkan.
 
Menurut dia, orang tua yang memiliki keturunan anak sangat bersyukur, karena ada generasi muda untuk berjuang dan berkurban di jalan Allah SWT.
 
"Kami berharap umat muslim memiliki sikap keimanan kepada Allah dengan kondisi apapun juga rela berkorban untuk kemajuan Islam di dunia," katanya menjelaskan.

Baca juga: 4.995 ekor ternak kurban sudah diperiksa Disnakeswan Lebak
 
Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak Rahmat Yuniar mengatakan pada Idul Adha 1444 Hijriah Bapak Presiden Joko Widodo membeli dua ekor sapi jenis Limosin seberat satu ton dari peternak Kecamatan Malingping Lebak dan dagingnya untuk dibagikan masyarakat Banten.
 
Pemerintah daerah menjamin hewan kurban sebanyak 4.995 ekor itu terdiri dari sapi 943 ekor, kerbau 234 ekor, kambing 106 ekor, dan domba 3.276 ekor dijamin layak dikonsumsi.
 
Namun, tercatat sebanyak 35 ekor positif terjangkit penyakit cacar mulut dan radang mata.
 
Ternak yang mengidap penyakit itu sudah dilakukan pengobatan oleh petugas dan dipisahkan dari hewan kurban sehat yang diperdagangkan.
 
"Kami melakukan pemeriksaan kesehatan ternak itu di 143 lapak penjualan hewan kurban," katanya.
 
Baca juga: Pertanian pangan masih jadi andalan ekonomi petani di Lebak

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023