Direktur Eksekutif Bank Indonesia Erwin Haryono menyatakan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional dapat diakses melalui website Bank Indonesia pada laman https://www.bi.go.id/hargapangan per 1 Juli 2023.

PIHPS Nasional adalah sistem informasi berbasis digital yang dikelola oleh Bank Indonesia sejak tahun 2016, dan berfungsi untuk menghimpun serta mendiseminasikan harga komoditas pangan strategis di seluruh provinsi di Indonesia.

"Adapun informasi harga yang disajikan mencakup komoditas pangan strategis seperti beras, telur ayam ras, daging ayam ras, daging sapi, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, dan gula pasir,” ujar dia dalam keterangan resmi, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Satgas pangan Banten gelar rapat koordinasi pengendalian harga pangan

Hingga 2023, survei pemantauan harga PIHPS Nasional telah mencakup empat jenis pasar, yakni pasar tradisional, pasar modern, pedagang besar, dan produsen.

Kata Erwin, publikasi PIHPS Nasional pada website BI dilakukan guna memperkuat aksesibilitas, akuntabilitas, dan keamanan data pangan nasional.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Per 1 Juli 2023, informasi harga pangan dapat diakses lewat website BI

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023