Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan tahun 2023 dalam upaya pengendalian harga dan ketersediaan pangan di wilayah setempat.

Rakor dibuka Ketua Satgas Ketahanan Pangan Provinsi Banten yang juga Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Banten Virgojanti, di Serang, Selasa.

Virgojanti mengatakan kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Banten dalam menangani permasalahan pangan di daerah melalui kolaborasi.

“Dalam penanganan pangan ini kita lakukan dengan kolaborasi agar ketersediaan pangan tetap stabil,” kata Virgojanti.

Baca juga: Pemkab Lebak jamin stok pangan aman untuk 10 bulan ke depan

Dengan adanya beberapa komoditas yang terus mengalami kenaikan secara fluktuatif, lanjut Virgojanti, hal tersebut perlu diantisipasi dengan memetakan langkah-langkah yang harus di perhatikan bersama.

“Di sini tim satgas juga belajar untuk memetakan memitigasi, memonitoring dalam mengendalikan pangan melalui langkah-langkah strategis yang bisa menyelesaikan permasalahan pangan di wilayah Provinsi Banten,” katanya menegaskan.

Virgojanti menyampaikan, antisipasi yang akan dilakukan oleh tim satgas pangan Provinsi  Banten salah satunya kesiapan pengendalian ketersediaan dalam menghadapi cuaca ekstrem yang mampu mengganggu ketersediaan pangan.

“Menghadapi itu kita juga perlu kesiapsiagaan dalam mempertahankan  ketahanan pangan di suatu wilayah sehingga jika kita berada di cuaca ekstrem dan memasuki masa panen kita selalu siaga,” katanya.

Virgojanti juga berharap, melalui kegiatan  yang dilaksanakan ini mampu memberikan  koordinasi dalam pengendalian pangan yang merata di berbagai daerah Provinsi Banten.

Baca juga: Bulog Sub Divre Tangerang pastikan ketersediaan pangan aman

“Satgas ini tidak hanya untuk mengetahui pemicu kenaikan harga atau ketersediaan pangan yang terbatas. Namun juga mampu mengendalikan hal tersebut sesuai dengan kemampuan di daerahnya masing-masing,” katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten Aan Muawanah mengatakan,  Rapat Koordinasi (Rakor) Satgas pangan ini merupakan sebuah aksi nyata dari tim pengendalian inflasi melalui tim satgas pangan yang memiliki tujuan untuk menstabilkan ketersediaan bahan pangan demi stabilnya inflasi daerah.

“Kegiatan ini bertujuan mengoptimalkan dan menciptakan upaya strategis untuk memantapkan aksi nyata melalui pengendalian ketersediaan pangan,” katanya.

Melalui gerakan pasar murah yang terus dioptimalkan, Aan menyampaikan melalui rakor ini Pemerintah Pusat dan Daerah diharapkan mampu  meningkatkan koordinasi dengan berbagai mitra seperti petani yang nantinya bisa memantau harga pangan langsung dari produsen.

Baca juga: Tangerang koordinasi dengan agen di pasar untuk jaga stabilitas harga pangan

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023