Pemerintah Kota Tangerang, Banten, melibatkan 80 kampung tematik di daerah tersebut dalam kegiatan pencegahan dan penanganan narkoba melalui Kelurahan Bersih dari Narkoba (Bersinar).

"Tahap pertama di Kelurahan Karawaci Baru sebagai pilot project dan tahap kedua nanti ada 80 penggerak kampung tematik dengan membentuk Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM), kader-kader Bersinar, dan sebagainya," kata Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dalam keterangan yang diterima di Kota Tangerang, Banten, Selasa.

Arief berharap dengan adanya program Kampung Tematik Kelurahan Bersinar tersebut, seluruh masyarakat di Kota Tangerang bisa memahami, mengenali, dan mencegah peredaran narkotika di lingkungannya.

"Dengan pencanangan Kelurahan Bersinar, masyarakat Indonesia termasuk Kota Tangerang bisa berperang melawan narkoba," tambahnya.

Baca juga: Wakil Bupati Tangerang ajak ASN bersatu perangi narkoba

Sementara itu, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang Banten telah memiliki 120 pegiat anti-narkoba dalam program IBM dan bertugas menyosialisasikan bahaya narkoba serta melakukan pemulihan ringan bila ada warganya yang positif.

"Pemberantasan narkoba harus melibatkan berbagai pihak. Maka itu, kami sertakan masyarakat yang masuk dalam Intervensi Berbasis Masyarakat," kata Kepala BNN Kota Tangerang Kombes Pol. Ichlas Gunawan.

Ichlas menuturkan selain Kelurahan Karawaci Baru, Kota Tangerang sudah memiliki tujuh kelurahan tematik Bersinar yakni Kelurahan Poris Plawad Utara, Kelurahan Sangiang Jaya, Kelurahan Pinang, Kelurahan Cibodas Sari, Kelurahan Sukasari, dan Kelurahan Benda.

"Nantinya, BNN Kota Tangerang bersama dengan Kesbangpol dan Dispora Kota Tangerang yang memiliki kader pemuda akan melakukan bimbingan teknis kepada seluruh Kelurahan yang belum menjadi Kelurahan tematik Bersinar," jelasnya.

Camat Karawaci Mahdiar mengaku senang dengan adanya pegiat anti-narkoba di Kelurahan Karawaci Baru, yang merupakan Kelurahan tematik Bersinar pertama di Kecamatan Karawaci.

"Kampung tematik Bersinar di Perumnas ini dari berbagai lapisan masyarakat serta rentan usia. Ketika ada program ini dari BNN, kita bisa secara langsung menangkap dan mencegah adanya peredaran narkoba di wilayahnya," ujar Mahdiar.

Baca juga: Polres Tangerang dan masyarakat manfaatkan ratusan CCTV awasi peredaran narkoba

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023