Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang, Banten menjelaskan bahwa aktivasi identitas kependudukan digital (IKD) sudah dapat dilakukan dengan menggunakan sistem iOS bagi pengguna ponsel Apple

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang, Irman Pujahendra di Tangerang, Kamis, menuturkan IKD sebelumnya hanya bisa diaktivasi menggunakan Playstore milik sistem Android.

Namun, setelah kerja sama antara Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri RI) dan pihak Apple terjalin, peningkatan aktivasi IKD dilakukan dengan mengakomodasi pelayanan menggunakan aplikasi IKD yang ada pada Appstore di sistem iOS versi 11.0 atau lebih.

“Saat ini telah terjadi pembaharuan layanan bahwa aktivasi IKD sudah bisa dilakukan di gawai-gawai, khususnya iOS by Iphone/Apple yang selama ini terhambat. Prosesnya juga sama, tinggal mengunggah aplikasi IKD di Playstore, dilanjutkan isi form pengajuan, scan QR pada operator dukcapil dan kecamatan, password dikirim via email yang didaftarkan, lalu tuntas, IKD dapat digunakan,” kata Irman dalam keterangannya.

Baca juga: Pemkot Tangerang luncurkan aplikasi SRIKANDI terkait kearsipan sistem digital
Baca juga: Lima hal penting untuk dorong transformasi digital menurut Kemenkominfo

Ia melanjutkan aktivasi IKD saat ini penting untuk segera dilakukan karena dibekali beberapa kelebihan fitur seperti file KTP-el dan kartu keluarga (KK) secara digital, sehingga mempermudah verifikasi tanpa harus membawa fisik KTP atau KK.

Lalu terdapat fitur informasi tambahan, seperti vaksinasi COVID-19, nomor pokok wajib pajak (NPWP), kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, hingga daftar pemilih tahun 2024 yang sangat dibutuhkan untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun depan.

“Kami mengimbau seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk segera memanfaatkan kesempatan yang dihadirkan lewat anjungan atau stand pelayanan yang digelar di tiap wilayah. Apalagi, prosesnya yang sangat mudah, fiturnya yang lengkap, serta sudah bisa dilakukan lewat semua gawai, termasuk yang bersistem iOS,” tambahnya.

Sejalan dengan itu, Disdukcapil Kota Tangerang berharap partisipasi masyarakat dalam melakukan aktivasi IKD di Kota Tangerang ini terus meningkat.

"Terlebih, saat ini aktivasi IKD sudah bisa dilakukan di semua gawai, baik yang menggunakan sistem Android maupun sistem iOS," ujarnya.

Baca juga: Lakukan inovasi digital saat pandemi, Ahmed Zaki raih gelar Doktor
Baca juga: Penting bangun fondasi literasi digital pada anak

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023