Dinas Kesehatan Kota Tangerang Banten menyatakan portal "Sekoper Semangat" yang diluncurkan bisa dimanfaatkan secara mandiri mengukur kualitas penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan masing-masing. 

"Portal "Sekoper Semangat" PHBS memberikan berbagai manfaat konkrit bagi masyarakat seperti informasi, edukasi, pelayanan hak kesehatan melalui kunjungan," kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kota Tangerang, Rosidah di Tangerang Selasa.

Ditambahkannya, portal "Sekoper Semangat" berisi banyak informasi mengenai perkembangan PHBS di Kota Tangerang. Melalui portal tersebut, masyarakat dapat mengetahui perkembangan PHBS secara langsung di tiap kawasan yang ada di Kota Tangerang.

Baca juga: Banyak usia muda terkena penyakit tidak menular, Dinas Kesehatan Kota Cilegon ajak pelajar terapkan PHBS di sekolah

“Portal layanan ini merupakan sistem elektronik penilaian PHBS di Kota Tangerang yang dapat diakses masyarakat secara luas. Melalui portal ini, data hasil penerapannya dapat diukur, diakses, dan dimanfaatkan secara lebih jauh untuk meningkatkan PHBS dan mencegah potensi penyakit di lingkungan masyarakat sekitar, dan di Kota Tangerang secara umum,” katanya menjelaskan.

Lebih lanjut Rosidah menjelaskan, portal "Sekoper Semangat" PHBS juga menampilkan hasil penilaian, representasi gambaran di tiap wilayah, serta penyediaan informasi-informasi yang berguna untuk pemberdayaan masyarakat agar terus berpartisipasi mewujudkan PHBS di Kota Tangerang. 

Data dan fitur yang disediakan portal ini berupa grafik, simulasi, dan pengecekan kondisi PHBS di lingkungan masyarakat sesuai dengan indikator yang selama ini dijadikan acuan.

Diantaranya adalah meliputi persalinan, pemberian ASI, penimbangan bayi dan balita, budaya, aktivitas cuci tangan, penggunaan air bersih, penggunaan jamban, pemberantasan jentik nyamuk, pengonsumsian buah dan sayur, aktivitas fisik, dan pembatasan merokok.

Secara lebih lengkap, masyarakat Kota Tangerang dapat mengaksesnya di laman  https://sekopersemangat-phbs.tangerangkota.go.id/

Baca juga: Dinkes Lebak: Cegah penyebaran DBD dengan terapkan PHBS
Baca juga: PMI Kota Tangerang sosialisasi PHBS ke sekolah dasar jelang PTM

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023