Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, mencatat sebanyak 5.307 hewan ternak sapi, kerbau, kambing dan domba telah di vaksin guna untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) terutama menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H.

"Kita dapat kuota dosis vaksin PMK itu sebanyak 10 ribu. Namun, baru kita vaksin 5.307 hewan ternak," kata Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika di Tangerang, Kamis.

Menurut dia, vaksinasi dilakukan secara bertahap namun menjelang Hari Raya Idul Adha dihentikan demi efektifitas.

Baca juga: DKP Kota Tangerang siapkan obat hewan terken PMK gratis

"Sudah berjalan. Tapi menjelang Idul Adha kita berhenti dulu, masalahnya kalau divaksin terus disembelih sayang, nanti setelah Idul Adha dilanjutkan lagi," katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari 5.307 hewan ternak yang sudah divaksinasi itu terdiri atas 2.275 ekor sapi, 109 ekor kerbau, 269 ekor kambing dan 2.654 ekor domba. Vaksinasi sendiri dilakukan seratusan petugas dengan berkeliling ke peternakan di 29 kecamatan.

Ia mengaku dalam pelaksanaan vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan hewan ternak tersebut, pihaknya menerjunkan ratusan petugas yang telah beroperasi ke lokasi peternakan di 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Distan Provinsi Banten segera distribusikan 3.575 dosis vaksin PMK


Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023