Pemerintah Kota Bima dan Kabupaten Bangka Selatan melakukan penandatanganan kerja sama terkait duplikasi penerapan sistem merit serta aplikasi kepegawaian Pemkot Tangerang, Banten

"Kolaborasi ini sebagai upaya mewujudkan profesionalisme ASN pada seluruh instansi pemerintah dan mencapai tujuan reformasi birokrasi," kata Sekda Herman Suwarman di ruang Patio Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu.

Baca juga: Pemkot Tangerang Selatan siapkan pembangunan gedung Kodim

Ia menerangkan, salah satu kunci keberhasilan penerapan sistem merit pada manajemen ASN di Kota Tangerang adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang mampu merespon berbagai situasi yang berkembang secara dinamis dengan cepat dan tepat.

Pemkot Tangerang memiliki aplikasi Sistem Informasi Manajemen ASN (SIMASN) yang di dalamnya terdapat fitur manajemen talenta dan terintegrasi dengan SIASN BKN, sehingga memudahkan pelayanan kepegawaian secara paperless serta memuat informasi kekuatan pegawai.

"Upaya ini menjadi bahan pengambilan kebijakan dalam bidang SDM bagi pimpinan dan memudahkan proses pengisian jabatan tinggi pratama di Kota Tangerang," ujarnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bima, A. Wahid mengatakan, berdasarkan penilaian KASN, pihaknya perlu belajar kembali mengenai penerapan sistem merit dari kota-kota yang telah berhasil, salah satunya di Kota Tangerang.

"Untuk itu, kami mengajukan permohonan kerja sama lebih lanjut dan alhamdulillah disambut baik oleh Kota Tangerang," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Pemkot Padang dan Pemkot Langsa turut hadir untuk penjajakan penerapan sistem merit dan manajemen talenta di Kota Tangerang.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023