Pemerintah Kota Tangerang Selatan Banten sedang menyiapkan pembangunan gedung Komando Distrik Militer (Kodim) Tangsel setelah adanya dua markas koramil baru di Pamulang dan Serpong Utara.

"Pembangunan Kodim Tangerang Selatan juga sedang disiapkan termasuk detail rancang bangun (DED) yang nantinya akan dikonsultasikan terlebih dahulu," kata Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie dalam keterangannya di Tangerang, Rabu.

Ia menuturkan DED tersebut nantinya akan dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dandim dan Danrem mengenai bentuk bangunan, spesifikasinya, agar sesuai dengan karakter dan kebutuhan TNI tentunya.

Sebelumnya dua Koramil baru di Tangerang Selatan, yakni Koramil 08/Pamulang dan Koramil 09/Serpong Utara telah diresmikan secara langsung oleh Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan pada Selasa (30/5).

Wali Kota menuturkan hadirnya dua markas Koramil baru ini menjadi penting, karena TNI sebagai mitra pemerintah kota dalam mengawal, mengamankan dan menjaga akselerasi pembangunan yang berkelanjutan khususnya di dua kecamatan sebagai lokasi markas Koramil yang baru.

"Betapa pentingnya pendekatan pelayanan keamanan bagi kenyamanan masyarakat dan tentunya TNI dapat bersinergi dengan semua unsur untuk mengawal pembangunan," ujarnya.

Dengan adanya markas Koramil yang baru dapat meningkatkan kinerja dalam menjalankan fungsi dan tugas pokoknya dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat di dua kecamatan tersebut.

"Pertimbangan kami mendorong pembangunan Koramil di dua wilayah tersebut, selain pertumbuhan penduduk juga sangat tinggi di Tangsel, juga tentunya melengkapi tiga pilar yang ada di Pamulang dan Serpong Utara ini," terangnya.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan dalam keterangannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkot Tangsel atas dukungannya dalam merealisasikan dua markas Koramil baru.

Menurutnya, pembangunan Koramil di tiap wilayah teritorial Kodam Jaya amatlah penting dan sangat dibutuhkan dalam memperkuat pertahanan.

"Sebab tiap wilayah mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga dibutuhkan penguatan pertahanan di tiap Kodam," ujarnya.

Oleh karena itu, kinerja harus semakin ditingkatkan terlebih memasuki tahun-tahun politik, sehingga dibutuhkan stabilitas keamanan yang luar biasa.

"Banyak agenda nasional yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat, seperti pemilu, pilpres, pilkada, sehingga ini membutuhkan sebuah stabilitas yang mantap," katanya

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023