Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang menggandeng psikolog untuk melakukan tes minat dan bakat para siswa dalam kegiatan penyuluhan ketenagakerjaan pada 45 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan di Tangerang, Rabu, mengatakan tes ini sangat penting untuk mengetahui minat dan bakat serta program yang ditempuh setelah lulus.

Baca juga: Wali Kota Tangerang target kasus stunting tak sekedar turun tapi rampung

Dari hasil tes tersebut, lanjutnya, dapat terlihat mengenai minat siswa untuk berwirausaha atau bekerja di bidang tertentu, sehingga siswa juga dapat menyesuaikan dan memilih program ketenagakerjaan dari Disnaker yang dapat diambil untuk menunjang kebutuhan dan keahlian.

"Hasil tes langsung dikerjakan saat sosialisasi dan hasilnya dikirimkan ke masing-masing email para siswa," kata Ujang dalam keterangannya.

Lebih jauh ia mengatakan kegiatan penyuluhan ke SMK oleh Disnaker sebagai wadah pengenalan program-program ketenagakerjaan yang dimiliki Pemkot Tangerang.

Beberapa program Pemkot Tangerang yang ada di Disnaker untuk menunjang kesiapan di lapangan diantaranya Kartu Kuning, Virtual Job Fair, SiPraja, BKK, pelatihan-pelatihan di BLK, dan lainnya

Kegiatan penyuluhan ke SMK, kata dia, ditargetkan untuk menghasilkan calon pekerja maupun wirausahawan berkualitas. Selain itu dengan program-program yang ada di Disnaker dapat menekan angka pengangguran di Kota Tangerang.

“Kami harap pastinya masyarakat Kota Tangerang dapat memanfaatkan program-program yang kami miliki. Baik para pencari kerja maupun bagi para siswa SMK yang ingin meningkatkan keahlian mereka. Sehingga, dengan lahirnya tenaga kerja yang berkualitas, angka pengangguran di Kota Tangerang juga dapat terus menurun,” ujarnya.

Seluruh informasi program ketenagakerjaan milik Disnaker Kota Tangerang dapat diakses melalui aplikasi Tangerang LIVE yang tersedia di PlayStore dan AppStore. Informasi lainnya, dapat diakses di laman instagram @disnaker_kotatangerang.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023