Pandeglang (Antara News) - Bupati Pandeglang, Provinsi Banten, Erwan Kurtubi menekankan semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) bertanggung jawab pada program kerja yang dibebankan.

"Harus memaksimalkan kinerja dan tanggung jawab pada program pekerjaan yang telah diberikan," katanya ditemui usai meresmikan gedung Kantor Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang di Pandeglang, Kamis.

Erwan juga menyatakan, pada Rabu (24/2), semua kepala SKPD telah menandatangani  perjanjian kinerja, yang isinya berupa program kerja yang akan dijalankan selama 2016.

"Setiap tahun para kepala SKPD menandatangai perjanjian kerja, dan pada akhir anggaran akan dievaluasi. Hasilnya, baik tercapai ataupun tidak menjadi bahan penilaian bagi yang bersangkutan," ujarnya.

Perjanjian kerja, kata dia, juga menjadi  pedoman maupun arahan baik kepada pimpinan maupun pelaksana dalam menjalankan tugas pemerintahan. Penandatanganan perjanjian kerja, kata dia,  sesuai dengan amanat PP No.29 Tahun 2014.

"Setiap SKPD, sebagai unit organisasi pemerintah bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan dan pencapaian kinerja sesuai dengan perjanjian kinerja yang ditandatangani itu," ujarnya.

Bupati juga mengatakan, kinerja saat ini telah menjadi ukuran yang baku bagi setiap instansi pemerintah dalam proses perencanaan dan penganggaran, artinya setiap rupiah yang dikeluarkan oleh pemerintah harus sebanding dengan kinerja yang diberikan.

"Itu semua dilakukan guna menjaga capaian kinerja yang konsisten, akuntabel, berhasil guna dan tepat sasaran, antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan sampai dengan pertanggungjawaban," ujarnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Anwar fauzan mengatakan, perjanjian kinerja merupakan dokumen yang berisikan penugasan dari bupati sebagai pemberi amanah kepada kepala SKPD sebagai penerima amanah untuk melaksanakan program dalam rangka pencapaian target kinerja tahun berjalan.

"Pada 2016, Kabupaten Pandeglang akan melaksanakan sebanyak 147 program yang terdistribusi dalam 27 sasaran strategis," katanya.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016