Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Banten mengimbau masyarakat mengantisipasi kemacetan lalu lintas terkait dengan penutupan Jembatan Cisadane B karena sedang proses perbaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Achmad Suhaely di Tangerang, Minggu, mengatakan terkait dengan pekerjaan perbaikan jembatan maka kendaraan akan dialihkan ke jembatan baru di sampingnya.

Secara skema, rekayasa lalu lintas akan sama saja. Pengendara dari Jalan Kalipasir dan Jalan Daan Mogon menuju Jalan Merdeka dapat melalui Jembatan Cisadane A.

Namun, U-Turn di Pos Polisi JPO akan ditutup. Dengan itu, pengendara dari Jalan Kali Pasir menuju Jalan Benteng Jaya, sementara waktu tidak bisa langsung. Pengendara harus memutar lebih dulu ke Jalan Otista atau Pasar Anyar.

"Dengan pengalihan arus ini, kami imbau masyarakat bisa memilih jalur-jalur alternatif lainnya, untuk menghindari potensinya penumpukan kendaraan. Pastinya, selalu berhati-hari selama berlalu lintas dan berkendara," kata dia dalam keterangannya.

Ia menyatakan lampu pengatur lalu lintas tetap digunakan untuk lurus dari Jalan Merdeka maupun belok kanan dari Jalan Imam Bonjol.

"Untuk menghindari kemacetan Dishub Kota Tangerang akan mengerahkan personel 24 jam untuk mengatur arus lalu lintas di lokasi tersebut," kata Suhaely.

Perbaikan Jembatana Cisadane A oleh Kementerian PUPR sudah rampung dan jembatan itu telah bisa dilalui pengendara. Mulai Sabtu (13/5), pukul 23.55 WIB, Jembatan Cisadane B atau sebelahnya akan ditutup untuk diperbaiki.

Ia menjelaskan proses pengerjaan diprakirakan rampung paling lama hingga Desember mendatang.

"Insyaallah, Desember nanti Jembatan Cisadane B rampung dan Jembatan Cisadane A dan B atau Jembatan Robinson ini sudah dapat kembali digunakan keduanya," kata dia.

Program Kementerian PUPR mengganti dan menduplikasi 37 Jembatan Callender Hamilton di Pulau Jawa, termasuk di Kota Tangerang yang rata-rata berusia 40 tahun.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023