Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan Program Keluarga Berkualitas (KB) menjadi sarana untuk membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat.

"Ada beragam masalah yang bisa diselesaikan melalui program ini, di antaranya stunting, sanitasi dan hal lain yang menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat. Kampung Jimpitan juga berhasil dan kini masuk dalam Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Tingkat Nasional," kata Arief R Wismansyah dalam keterangannya di Tangerang, Kamis.

Wali Kota menyampaikan rasa bangganya kepada seluruh warga Kampung Jimpitan atas transformasi yang terjadi dengan peran aktif dari seluruh warga yang berhasil mengubah wajah lingkungan tempat tinggalnya. "Dari yang dulunya tidak tertata, kini berubah menjadi indah, bersih dan tertata," ujarnya.



Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten Rusman Efendi mengatakan Kampung Jimpitan menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Banten usai menyisihkan 468 kampung KB dan kini menjadi 10 besar di tingkat nasional. "Menjadi 10 besar nasional dari hampir 22 ribu kampung KB di seluruh Indonesia," ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang Jatmiko menuturkan Kampung Jimpitan Kompak Berbagi Berkah (KB2) mengikuti Lomba Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Tingkat Nasional dan mewakili Provinsi Banten.

"Alhamdulillah, kita masuk 10 besar dari 20 ribu lebih kampung yang ada. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan apa yang kita paparkan saat wawancara sesuai dengan fakta yang ada di lapangan,” katanya.



Nantinya, Tim Penilai yang terdiri atas BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), dan Kemenko PMK (Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) akan melakukan penilaian terhadap data, fasilitas, dan program yang selama ini dilakukan secara rutin oleh Kampung KB Jimpitan KB2 Kota Tangerang.

“Terlepas dari hasil penilaian verifikasi lapangan, hasil merupakan bonus semata, Kampung KB Jimpitan KB2 telah membanggakan Kota Tangerang. Semoga, nantinya dapat memicu kampung-kampung lainnya untuk menularkan semangat positif dalam mewujudkan kemandirian dan kegotongroyongan dari, oleh, serta untuk masyarakat luas,” ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023