Tangerang (Antara News)  -Pemilihan 'Kang-Nong' Banten diharapkan tidak menjadi kegiatan seremonial untuk memilih muda-mudi yang sekedar cantik dan tampan, namun harus memiliki kecerdasan atau intelegensia yang bagus, karena menjadi duta pariwisata dan budaya Banten.

Harapan tersebut disampaikan Gubernur Banten Rano Karno saat membuka 'Grand Final' Pemilihan Kang dan Nong Banten Tahun 2015 di Tangerang, Sabtu.

Sebanyak 48 kang nong yang berasal dari kabupaten/kota Se- Banten mengikuti 'grand final' pemilihan kang nong Banten tahun2015 dihotel allium Kota Tangerang, Sabtu.

"Kang Nong Banten Tahun 2015 diharapakan bukan hanya generasi muda yang memiliki kecantikan dan ketampanan tapi juga memiliki intelgensia Dan keterampilan yang tinggi serta memiliki karakter dan watak yang kuat dan tegas," kata Rano Karno.

Ia mengatakan, kang-nong Banten yang terpilih akan melaksanakan tugas sebagai duta budaya dan wisata Provinsi Banten. Bersama pemerintah, sektor swasta dan masyarakat, ikut serta dalam mempromosikanbudaya dan pariwisata Banten ke tingkat nasional maupun Internasional.

"Kang Nong Banten harus mampu mengembang amanah dalam mempromosikan segapa potensi budaya dan wisata Banten kepada masyarakat luas," katanya.

Gubernur Banten mengharapkan kepada dewan juri agar memberikan nilai seobjektif mungkin, sehingga kang nong Banten yang terpilih merupakan juara yang kompeten sebagaimana yang di harapkan yaitu generasi muda yang bermartabat, berkarakter dan mempunyai daya saing yang tinggi.

Semenatara itu Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata M Ali Fadilah mengatakan, penyelengaraan  pemilihan kang nong Banten sebagai sebuah ajang  kompetensi yang mengemban misi penting pelestarian khazanah kebudayaan Banten dan dapat mencetak duta wisata dan budaya yang lebih handal dan berkualitas.

Menurut Ali Fadillah, kang nong Banten bukan semata-mata sarana pengembangan potensi bakat, kreatifitas, kecerdasan generasi muda, tetapi memiliki peran untuk membantu pemerintah daerah dalam menyosialisasikan program program pemerintah kepada masyarakat luas.  

"Pemilihan kang nong ini untuk membangkitkan minat dan bakat generasi muda Provinsi Banten dalam mengembangkan potensi diri serta untuk mempromosikan potensi kebudayaan dan pariwisata Provinsi Banten ke tingkat nasional dan mancanegara," kata Ali.
 
Peserta kang nong banten terdiri dari utusan dari perwakilan kabupaten/kota yang mengirim masing-masing tiga pasang yangm erupakan finalis pemilihan kang nong kabupaten/kota. 

Sebelumnya para finalis kang nong telah mengikuti karantina selama 5 Hari yaitu dari tanggal 19-23 Oktober, saat karantina para finalis diberikan materi pembekalan dan kegiatan lainya. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015