Petugas Jasa Raharja Samsat Cilegon beranggotakan Dede Nurul Hadi dan Muhammad Aulia Robby mengunjungi Kelurahan Warnasari Kecamatan Citangkil Kota Cilegon. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Kelurahan Warnasari Furqon. 

Kunjungan tersebut dalam rangka meminta dukungan Kelurahan Warnasari guna turut mensosialisasikan tata cara pengajuan santunan kecelakaan lalu lintas Jasa Raharja dan UU Nomor 22 tahun 2009 Pasal 74 tentang aturan penghapusan data kendaraan bermotor. 

Baca juga: Kacab Jasa Raharja Banten berkoordinasi dengan Kadishub antisipasi lonjakan penumpang Lebaran 2023

Pada pasal 74 Ayat 2 menyatakan "Data kendaraan bermotor dapat dihapuskan jika pemilik Kendaraan Bermotor tidak melakukan registrasi ulang atau perpanjangan sekurang – kurangnya 2 tahun setelah habis masa berlakunya". 

Petugas Jasa Raharja Samsat Cilegon juga menyampaikan bentuk keprihatinan atas tingginya peristiwa kecelakaan lalu lintas di wilayah Banten khususnya Kota Cilegon.

Setiap korban kecelakaan baik itu Angkutan Umum maupun kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan atau lebih akan mendapatkan santunan dari Jasa Raharja. Nilai santunan untuk biaya perawatan korban luka luka yaitu maksimal Rp20 juta, sedangkan untuk santunan meninggal dunia sebesar Rp50 juta.

Penumpang angkutan umum yang mendapatkan santunan dari Jasa Raharja adalah mereka yang membayar tiket angkutan. Sebab, saat membayar tiket secara otomatis para penumpang telah membayar premi Jasa Raharja.

"Angkutan umum yang mengalami kecelakaan tunggal tetap mendapatkan santunan”. Sementara kendaraan pribadi yang mengalami kecelakaan tunggal tidak mendapatkan santunan dari Jasa Raharja," tandas Dede.

Petugas Jasa Raharja Samsat Cilegon berharap dengan menggandeng pihak kelurahan, informasi ini dapat tersebar dan diterima masyarakat melalui RT dan RW setempat. Kepala Kelurahan Warnasari Furqon menyambut baik kedatangan Petugas Jasa Raharja, beliau menyampaikan akan ikut membantu upaya Jasa Raharja dalam menyebarluaskan informasi tersebut di wilayahnya.

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023