Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Tangerang mulai tahun 2023 bisa melayani perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) serta pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk masyarakat umum.

Kepala DPMPTSP, Kota Tangerang, Taufik Syahzaeni di Tangerang Kamis mengatakan hadirnya dua pelayanan tersebut di MPP merupakan hasil kerja sama dengan Polres Metro Tangerang Kota.

Baca juga: DPAD Kota Tangerang buka layanan enkapsulasi arsip

Ia berharap dengan adanya layanan tersebut akan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan administrasi dalam satu lokasi.

“Melalui penyelenggaraan MPP, diharapkan dapat memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat Kota Tangerang,” kata dia.

Selain itu, MPP Kota Tangerang juga bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang membuka konter pembuatan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN), pendaftaran rehabilitasi rawat jalan, sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), permohonan tes urine serta permohonan magang siswa-siswi KKN.

Penambahan kerja sama ini melengkapi layanan yang sudah ada sebelumnya yakni usan dokumen pertanahan dan konter layanan lainnya

“Dengan ini, MPP Kota Tangerang telah memiliki 18 konter dengan berbagai layanan yang dapat dimanfaatkan masyarakat Kota Tangerang," ujarnya.

Ketua BNN Kota Tangerang, Ichlas Gunawan menyatakan BNN Kota Tangerang di MPP memiliki satu konter dengan dua petugas yaitu petugas pendataan dan kesehatan yang profesional. Dengan layanan ini, kata Ichlas masyarakat bisa kenal dan merasakan program layanan BNN lebih dekat dan mudah.

“Sebelumnya, layanan ini hanya ada di kantor BNN Kota Tangerang saja. Terkait persyaratan, salah satunya seperti pendaftaran rehabilitasi rawat jalan, pemohon hanya perlu membawa foto copy KTP, Kartu Keluarga, pas foto 4x6 dua lembar dan materai 10 ribu dua lembar. Semoga dengan konter BNN di MPP ini, masyarakat bisa lebih kenal layanan BNN dan fasilitas layanannya dapat semakin dirasakan masyarakat Kota Tangerang,” ujarnya.

Kasubnit Regident, Polres Metro Tangerang Kota, Ipda Chairul Arief Syahrudin menuturkan selain layanan pembuatan SKCK dan perpanjangan SIM, konter Polres Metro Tangerang Kota juga menyediakan layanan pelatihan untuk tes berkendara.

“Sehingga, saat tes di Polres Metro Tangerang Kota nanti bisa lebih percaya diri untuk mudah lulus. Sejauh ini konter Polres Metro Tangerang Kota cukup mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat, dengan rata-rata hampir 50 pemohon dilayani disetiap harinya,” kata Ipda Chairul.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023