Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang Banten membuka layanan gratis enkapsulasi arsip atau memelihara arsip menggunakan bahan pelindung bukan laminating untuk hindari kerusakan

Sub Koordinator Pembinaan Kearsipan, DPAD Kota Tangerang, Ani Sriwahyuni di Tangerang Kamis mengatakan enkapsulasi merupakan cara yang lebih tepat untuk memelihara arsip dan diimbau tidak lagi disimpan menggunakan teknik laminating.

Enkapsulasi mengacu pada penggabungan data dengan mekanisme atau metode yang beroperasi pada data. Adapun berkas yang bisa di enkapsulasi diantaranya ijazah, akta kelahiran, kartu keluarga, e-ktp, sertifikat dan dokumen penting lainnya.

"Semua layanan enkapsulasi ini dipastikan gratis, bisa dimanfaatkan masyarakat tanpa dipungut biaya. Ini sangat berguna untuk membantu melindungi arsip," ujarnya ditemui di lokasi Safari Pembangunan di Kelurahan Paninggilan Utara, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Kamis.

Ani pun mengimbau bagi seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk memanfaatkan layanan enkapsulasi  di13 kecamatan di wilayah Kota Tangerang untuk menjaga dan merawat dokumen penting dengan teknik atau pun cara yang baik dan benar.

"Sehingga, dokumen penting yang dimiliki tidak rusak dengan penyimpanan yang salah. Ayo, datang ke lokasi Safari Pembangunan di masing-masing kecamatan kalian. Pantau jadwalnya di sosial media kecamatan atau Pemkot Tangerang," jelas Ani.

Dalam Safari Pembangunan sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-30 Kota Tangerang, DPAD juga menghadirkan layanan perpustakaan keliling, yang dapat dimanfaatkan masyarakat. 

"Ratusan buku dengan berbagai tema dibawa di mobil perpustakaan ini, sebagai fasilitas peningkatan minat baca masyarakat Kota Tangerang dimana pun dan kapan pun. DPAD Kota Tangerang, DPAD Pintar Penting," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023