Pemerintah Provinsi Banten menyiapkan anggaran bantuan keuangan desa masing-masing sebesar Rp60 juta pada APBD Banten 2023

"Bantuan keuangan desa tersebut di antaranya untuk peningkatan SDM aparatur, kemudian mendukung administrasi kependudukan dalam upaya gerakan sadar administrasi kependudukan," kata Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Banten, Virhojanti di Serang, Senin.

Baca juga: Realisasi Investasi di Banten pada 2022 Rp 80,2 triliun

Ia mengatakan gerakan sadar administrasi kependudukan di desa juga merupakan amanat dari Kemendagri, supaya desa juga melaksanakan itu bekerja sama dengan Disdukcapil kabupaten/kota.

'Karena sekarang program itu berbasis kependudukan sehingga dirapikan dulu kependudukan-nya," katanya.

Menurutnya, dalam bantuan keuangan desa tersebut masing-masing desa nantinya mengajukan proposal sesuai dengan petunjuk teknis yang disampaikan Pemprov Banten dalam bentuk Pergub

"Masing-masing desa, nanti mereka ada rembuk dulu dengan unsur masyarakat desa," kata Virgojanti.

Menurutnya, di Banten ada sekitar 1.238 desa yang tersebar di 118 kecamatan di empat kabupaten yakni Kabupaten Serang, Kabupat3n Tangerang, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak.

"Total bantuan keuangan desa tahun ini sekitar Rp74 miliar," katanya.

Jika dibanding tahun sebelumnya, kata dia, bantuan keuangan desa Tahun 2023 jauh lebih besar yakni Rp60 juta. Sedangkan tahun 2022 bantuan keuangan desa hanya Rp15 juta atau totalnya sekitar Rp18 miliar.

"Tahun lalu terserap 73 persen, karena ada kabupaten, desanya tidak mengajukan. Paling banyak di Kabupaten Tangerang dari 286 desa, yang tidak menyerap 50 desa," katanya.
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023