Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Banten menyiapkan sejumlah pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK), yakni menjahit, teknisi AC, perhotelan, tata boga, operator komputer, instalasi listrik, desain grafis percetakan digital, dan juga teknik kendaraan ringan atau servis motor.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang yakni Ujang Hendra di Tangerang, Sabtu mengatakan pelaksanaan pelatihan di BLK akan segera dimulai untuk masyarakat.

Baca juga: Pemkot Tangerang tindak pedagang jual beras SPHP melebihi HET

Ia mengatakan jika pendaftaran BLK ini gratis tanpa dipungut biaya. Lalu, kuota peserta dan waktu pendaftarannya pun dibatasi. Pendaftaran hanya dapat dilakukan melalui aplikasi Tangerang LIVE dan wajib memiliki e-KTP Kota Tangerang.

"BLK ini gratis, silahkan daftar melalui aplikasi Tangerang LIVE dan Instagram @blk_kotatangerang untuk informasi kapan pendaftaran dibuka, karena akan bertahap. Ini khusus untuk warga yang sudah memiliki e-KTP Kota Tangerang dan kuotanya terbatas. Jika peserta dapat mengikuti pelatihan hingga akhir dan lulus ujian kompetensi, akan mendapatkan sertifikat BLK dan sertifikat BNSP," kata Ujang dalam keterangannya.

Dijelaskannya, melalui program BLK diharapkan angka pengangguran di Kota Tangerang bisa terus menurun dan dapat mencetak masyarakat yang produktif, memiliki keahlian, pekerjaan, atau bahkan membuka lapangan kerja yang baru di Kota Tangerang.

"Saya harap, masyarakat Kota Tangerang yang belum memiliki pekerjaan dapat memanfaatkan program ini. Sehingga, angka pengangguran di Kota Tangerang bisa terus menurun dan dapat mencetak masyarakat yang produktif, memiliki keahlian, pekerjaan, atau bahkan membuka lapangan kerja yang baru di Kota Tangerang," tutupnya.

Pemerintah Kota Tangerang menyebutkan angka tingkat pengangguran terbuka alami penurunan dari 9,07 persen pada tahun 2021 menjadi 7,31 persen di tahun 2022 sesuai data BPS.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023