Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten akan menggelar peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tingkat Provinsi Banten 2022 di Plaza Aspirasi, Kawasan Pusat pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, hari Rabu (21/12/2022) ini.

Dalam acara yang akan dihadiri oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar tersebut, Dinsos Banten mengangkat tema ‘Bangkit Bersama Membangun Bangsa’.

Baca juga: Pj Gubernur Banten salurkan bantuan UEP untuk KPM di Kota Seramg

“Pada peringatan HKSN tahun ini kami sengaja mengangkat tema tersebut sejalan dengan semangat kita pasca-pandemi Covid 19, yaitu semangat untuk bangkit melanjutkan pembangunan Bangsa,” kata Kepala Dinsos Banten Nurhana, di Serang Selasa.  

Peringatan HKSN itu sendiri dilakukan Dinsos Banten  merujuk kepada dasar hukum mulai dari Undang - Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah; Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial; dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Tugas Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintahan Kabupaten/Kota, Berikutnya kegiatan tersebut juga merujuk kepada Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial; dan Peraturan Menteri Sosial Nomor 10 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Penguatan Kesetiakawanan Sosial.

Terkait tujuan, Nurhana mengatakan, dilaksanakannya kegiatan peringatan HKSN tingkat Provinsi Banten tahun 2022 ini adalah untuk membangun ingatan kolektif seluruh elemen masyarakat Indonesia tanpa kecuali, agar nilai-nilai kesetiakawanan sosial tetap kuat sebagai modal sosial. Selain itu juga sebagai stimulus berbagai gerakan peduli dan aksi sosial di masyarakat dalam bentuk apapun. “Sehingga dapat menimbulkan kerekatan sosial, meminimalisir kesenjangan sosial dan menciptakan kedaulatan sosial,” katanya.

HKSN 2022 diperingati juga agar terciptanya kondisi sosial yang menjamin kesetiakawanan sosial mampu menjadi pilar dasar dalam mewujudkan Indonesia sejahtera .

Terkait dengan tujuan-tujuan tersebut diungkapkan Nurhana, acara tersebut akan dihadiri unsur PSKS atau potensi dan sumver kesejahteraan sosial,TKSK atau tenaga kesejahteraan sosial kecamatan, Pekerja Sosial Masyarakat, Karang Taruna, LK3 atau lembaga konsultasi kesejahteraan keluarga, Family Care Unit, Pendamping Sosial Masyarakat, dan Pendamping Lanjut Usia.

Selanjutnya juga dari unsur Pendamping Anak Terlantar, Pendamping Divabel, Tagana atau Taruna Siaga Bencana, PKH atau program keluarga harapan, Layanan Dukungan Psikososial, Pelopor Perdamaian, Kampung Siaga Bencana dan mitra Dinsos Banten lainnya.

Untuk diketahui acara yang mengundang sekitar ratusan peserta dan undangan itu akan dimulai pukul 08.00 ditandai dengan pentas music dari  Kelompok Penyanyi Jalanan atau KPJ. Tarian selamat datang khas banten juga akan ditampilkan untuk menyambut tamu-tamu undangan seperti Pj Gubenrur banten Al Muktabar, Ketua Komisi V Yeremia Mendrofa dan Ketua Forum PSKS Andika Hazrumy. Dinsos Banten juga menghadirkan tim paduan suara dari Karang Taruna Banten untuk mengiringi sesi menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Acara akan ditutup dengan mengajak para peserta dan tamu untuk meninjau stand-stand yang diisi dengan produk-produk binaan perangkat daerah, dinas sosial, dinas ketahanan pangan, dinas koperasi dan ukm, dinas pertanian , dinas kelautan dan perikanan, dan dinas sosial kabupaten/kota.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022