Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Kabupaten Pandeglang di Gedung Sekretariat Daerah (Setda) Pandeglang, Senin (19/12/2022).  Rakor dipimpin Staf Ahli Bupati Pandeglang bidang ekonomi, pembangunan, dan keuangan Hasan Bisri, SE., M.Si didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang Dr. Nasir, SP., MBA., MP

Dalam arahannya, Staf Ahli Bupati Pandeglang bidang ekonomi, pembangunan, dan keuangan Hasan Bisri, SE., M.Si atas nama Ketua Satgas PMK Kabupaten Pandeglang menegaskan untuk tetap waspada terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan segera menuntaskan pelayanan vaksinasi PMK pada hewan ternak.

Baca juga: Kepala DPKP Pandeglang dorong masyarakat beli produk petani lokal

Hasan Bisri juga mengimbau untuk menyiapkan beberapa langkah strategis melalui pemeriksaan secara berkala, pendataan, hingga penyuluhan dan membatasi lalu lintas hewan ternak dari luar Kabupaten Pandeglang serta melakukan operasi pemeriksaan lalulintas ternak di titik-titik tertentu wilayah perbatasan Kabupaten Pandeglang.
Staf Ahli Bupati Pandeglang bidang ekonomi, pembangunan dan keuangan Hasan Bisri saat memimpin rakor pananganan PMK tingkat Kabupaten Pandeglang Senin (19/12/2022)


”Satgas PMK untuk melakukan pemantauan secara berkala di perbatasan wilayah Kabupaten Pandeglang berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan agar bersama-sama bersinergi mencegah penyebaran PMK sehingga Kabupaten Pandeglang dapat mempertahankan zero case,” katanya.

Sementara itu, Kepala DPKP Pandeglang Dr. Nasir, SP., MBA., MP memastikan kasus penyakit mulut dan kuku di Kabupaten Pandeglang sudah nol kasus (zero case) sejak bulan Agustus 2022.

“Untuk mempertahankan zero case kami melaksanakan strategi dan langkah-langkah kegiatan seperti biosecurity, pengobatan, vaksinasi dan testing jika ditemukan ternak dengan tanda-tanda mengarah pada penyakit mulut dan kuku,” ujarnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada anggota tim Satgas PMK Kabupaten Pandeglang yang telah bekerja keras untuk menanggulangi penyebaran PMK sehingga hingga saat ini Kabupaten Pandeglang menjadi salah satu kabupaten yang sudah zero case PMK di Provinsi Banten.

Hadir dalam rakor tersebut perwakilan Polres Pandeglang, Kodim 0601 Pandeglang, Dishub Pandeglang, BPBD Pandeglang, Diskomsantik Pandeglang, dan tim Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DPKP Pandeglang serta para Koordinator Tim Penandaan/Pendataan dan Vaksinator PMK Kabupaten Pandeglang.

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022