Pemerintah Provinsi Banten menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebagai provinsi pembina kabupaten dan kota peduli HAM.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, yang menerima piagam penghargaan itu di Jakarta, Senin, mengatakan hal itu diharapkan menjadi pendorong upaya mengedepankan prinsip-prinsip HAM dalam setiap pelayanan publik di Banten.

Baca juga: Pj Gubernur Banten salurkan bantuan UEP untuk KPM di Kota Seramg

Piagam penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dengan didampingi Menkumham Yasonna H. Laoly, dalam kegiatan Puncak Peringatan Hari HAM ke-74 Tahun 2022 di Jakarta, Senin.

"Tadi diserahkan oleh Bapak Wakil Presiden Ma'ruf Amin, bahwa Provinsi Banten mendapatkan penghargaan dalam peringatan hari HAM, yang basisnya adalah kami melakukan pembinaan secara baik kepada bupati dan wali kota lebih dari 60 persen dalam hal implementasi dan keterkaitannya dengan daya dorong pelaksanaan HAM di Provinsi Banten," kata Al Muktabar di Serang, Banten, Senin.

Dia menambahkan penghargaan tersebut tidak lepas dari peran dan kinerja seluruh bupati dan wali kota serta seluruh masyarakat di Provinsi Banten. Dengan penghargaan tersebut, dia berharap seluruh pelayan publik di instansi pemerintahan Banten dapat mengedepankan prinsip-prinsip HAM.

"Yang diamanatkan oleh bapak wakil presiden dalam pidatonya kepada daerah-daerah (ialah) untuk terus mendorong dalam rangka semua aktivitas agar dapat direspons terhadap hak asasi manusia, baik itu pada pelayanan publik diarahkan sedapat mungkin semua berbasis dengan prinsip dasar hak asasi manusia," jelasnya.

Selain itu, dia juga berpesan kepada semua pihak untuk dapat mengedepankan hak asasi manusia dalam setiap kegiatan, karena hal tersebut menjadi dasar dan menjadi peta jalan kehidupan bermasyarakat.

"Sehingga, kalau kita bisa mengatakan bahwa pada akhirnya kita berharap itu semua untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, maka berbasis HAM adalah peta jalan menuju dari amanat Undang-Undang Dasar 1945," ujarnya.

Sementara itu, Ma'ruf Amin menyampaikan peringatan hari HAM Sedunia dapat dijadikan sebagai momen reflektif bagi seluruh pihak dalam menghormati dan memajukan HAM secara universal. Bagi Indonesia, yang saat ini sedang berjuang untuk pulih dari krisis, pemenuhan HAM merupakan tujuan dari pelaksanaan pembangunan.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022