Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Provinsi Banten, mengerahkan petugas untuk membantu warga di lingkungan permukiman yang terdampak banjir.

"Seluruh petugas gabungan telah bergerak, dan terus bergerak membantu masyarakat dan melakukan penanganan," kata Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan di Tangerang, Senin.

Baca juga: BPBD: Banjir masih menyisakan genangan di delapan titik di Kota Tangerang

"Seluruh Pintu Air Sarakan sudah dibuka dengan status Siaga I. Mobilitas masyarakat hingga saat ini dibantu oleh seluruh petugas menggunakan perahu," ia menambahkan.

Maryono mengatakan bahwa Dinas Sosial telah menyalurkan bantuan makanan kepada warga yang mengungsi karena rumahnya kebanjiran.

Petugas BPBD bersama aparat Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mengevakuasi warga daerah daerah banjir serta mendirikan dapur umum, posko penanggulangan bencana, dan posko pelayanan kesehatan.

Maryono mengatakan bahwa banjir yang melanda beberapa bagian wilayah Kota Tangerang sudah mulai surut. Jumlah area yang tergenang akibat banjir sudah berkurang dari 16 titik menjadi delapan titik.

"Semoga cuaca cerah, sehingga kondisi air bisa segera surut," katanya.

Ia mengatakan, warga terdampak banjir yang membutuhkan bantuan bisa menghubungi nomor 112 atau 021-5582144.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022