Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Adjidarmo Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten saat ini masih merawat tiga pasien COVID-19.

Kepala Bagian Humas RSUD Adjidarmo Rangkasbitung dr Jauhari Assukri di Lebak, Jumat, mengatakan selama seminggu terakhir ada tujuh pasien COVID-19 dirawat di tempat itu, namun saat ini tinggal tersisa tiga orang karena empat lainnya sudah sembuh.

Baca juga: TNI bantu bangun sarana sanitasi dan air bersih di Lebak

"Dari tiga pasien COVID-19 itu kondisinya semakin membaik, kemungkinan besar dalam waktu beberapa hari ke depan bisa pulang" kata dia.
 
Ia menyebut semua pasien COVID-19 mendapatkan perawatan khusus di Ruangan Anggur RSUD Adjidarmo Rangkasbitung sesuai standar penanganan virus tersebut.

Ia juga mengatakan bahwa selama dua bulan terakhir tidak ada laporan pasien COVID-19 meninggal dunia, sedangkan para pasien yang  harus menjalani perawatan medis telah mendapatkan penanganan secara baik hingga sembuh.

Namun demikian, pihaknya meminta masyarakat setempat tetap mematuhi protokol kesehatan, antara lain disiplin memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilisasi, dan menghindari kerumunan.
 
"Kami meyakini jika disiplin prokes dipastikan tidak terserang virus yang mematikan itu," katanya.
 
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah mengatakan dalam beberapa waktu terakhir terjadi peningkatan kesembuhan pasien COVID-19. Dalam dua pekan terakhir tercatat 60 orang. Mereka ada yang menjalani perawatan medis di rumah sakit dan isolasi mandiri.
 
"Pasien COVID-19 yang positif itu akibat tidak disiplin prokes juga sering ke luar daerah," katanya.

Berdasarkan data kasus COVID-19 di Kabupaten Lebak hingga Jumat, pukul 21.00 WIB, total tercatat 14.133 orang, di antaranya 13.860 orang dinyatakan sembuh, 46 orang isolasi mandiri dan dirawat di rumah sakit, serta 227 orang dilaporkan meninggal dunia.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022