Ketua Umum PB Al-Khairiyah H. Ali Mujahidin berharap mahasiswa  melek terhadap kemajuan industry, sehingga mampu berkreatifitas dan inovatif serta pandai memanfaatkan peluang usaha dan tantangan industri kreatif yang ada di Cilegon. 

Hal tersebut diungkapkan H. Ali Mujahidin saat memberikan sambutan pada Seminar Nasional Mahasiswa Univeritas Al-Khairiyah (Unival) yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unival di Cilegon, Rabu (27/7/2022). 

Dalam seminar yang mengambil tema "Mahasiswa dan pemuda dalam industri kreative untuk menyongsong indonesia emas 2045" itu, H. Ali Mujahidin juga berpesan agar peserta seminar dan mahasiswa mampu berfikir revolusioner.

Sementara itu Rektor Universitas Al-Khairiyah, Dr.Rafiudin, M.Si. dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengapresiasi  kegiatan seminar dan berharap fakultas ekonomi dan bisnis menjadi fakultas unggulan di Cilegon bahkan di Banten.

Keynote speaker pada seminar tersebut diisi oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Unival  Dr.Achmad Juhaeni.M.Pd.,MM. 

Sementara pemateri dari unsur pemerintah oleh Walikota Cilegon  Helldy Agustian yang memiliki  salah satu program unggulan Pemkot Cilegon yaitu beasiswa kuliah gratis hingga sarjana.

Sedangkan pemateri dari unsur praktisi yaitu Hj.Nike Akhsaniyati dengan produknya yang sudah di pamerkan dan dikenal hingga level internasioanl dari lembaga Gerakan Ekonomi Kreatif, dan Milineal Influenser Sherly Annavita. 

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kratif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang memberikan materi seminar melalaui video menyampaikan agar mahasisawa kreatif. Dimana kratifitas tersebut akan mampu membuka peluang ekonomi bagi para mahasiswa.

"Harus kreatif memyongsong masa depan. Ada banyak peluang yang bisa dilakukan dan dibangun mahasiswa," katanya. 

Seminar Nasional itu sendiri merupakan kegiatan tahunan fakultas yang melibatkan mahasiswa yang mengontrak matakuliah seminar manajemen dan seminar akuntansi sebagai panitia pelaksana.
 
Seminar yang juga didampingi oleh prodi itu dibuat dengan capaian pembelajaran mahasiswa mampu membuat sebuah event kegiatan baik sekala lokal maupun nasional.

Bahkan kedepan diharapkan mahasiswa mampu menyelenggaran sebuah event seminar bertaraf internasional. 

Dari kegiatan tersebut mahasiswa belajar bahwa aplikasi ilmu manajemen itu ternyata tidak semudah teori di dalam text book, namun aplikasinya dalam menjalankan fungsi manajemen tersebut  ternyata banyak kendala. 

Dari kegiatan ini pula mahasiswa dapat belajar bagaimana merencanakan sebuah event, mengkordinasikan berbagai bidang dan sumber daya, dan mengintegrasikan seluruh kegiatan untuk satu tujuan demi suksesnya sebuah acara dengan pemateri yang ahli di bidangnya sesuai dengan tema kegiatan tersebut.

Dari pengalaman membuat event tersebut diharapkan mahasiswa mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat atau lingkungan dimana mereka tinggal dalam sebuah kegiatan kemasyarakatan baik secara ide atau gagasan maupun secara teknis pelaksanaan sehingga ada kebermanfaatan dalam kegiatan tersebut.






 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022