Kabupaten Serang meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia Tahun 2022. Penghargaan tersebut merupakan  kenaikan peringkat dari Pratama menjadi Tingkat Madya.

Penyerahan penghargaan dilakukan  Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati di Kabupaten Bogor Jawa Barat, yang diikuti secara virtual oleh kabupaten dan kota peraih peringkat tingkat Pratama dan Madya pada Jum’at, 22 Juli 2022 malam.

Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Serang, Tarkul Wasyit dalam siaran tertulisnya yang diterima pada Ahad (24/7/2022) menyebutkan kenaikan peringkat KLA dari Pratama ke Madya sesuai hasil penilaian verifikasi lapangan oleh Kemen PPP bahwa Kabupaten Serang menunjukan ada kenaikan dari kategori pratama ke madya. 

“Hal ini adalah salah satu bukti bahwa gugus tugas KLA Kabupaten Serang sudah bekerjasama secara maksimal dan bersinergi,” ujarnya.

Lebih lanjut Tarkul mengemukakan bahwa sesuai dengan mandat Undang-undang setiap daerah harus melaksanakan pengembangan kabupaten layak anak. Kemudian beberapa aspek yang sudah dilakukan Kabupaten Serang pertama dari aspek kelembagaan. 

“Kita tahu bahwa aspek kelembagaan aspek terpenting dalam penyelenggaraan KLA,” katanya.
 
Kemudian, lanjutnya, kelembagaan KLA juga sudah melakukan langkah-langkah kongkrit terkait bagaimana membuat sebuah regulasi yang sudah dibuktikan dan  ditunjukan kepada tim pusat bahwa di Kabupaten Serang sudah ada regulasi dari mulai Peraturan Bupati (Perbup) hingga membuat Peraturan Daerah (Perda) terkait KLA di 2022 ini.

“Kemudian dari kelembagaan kita break down kepada 5 klaster, klaster 1, 2, 3, 4, dan klaster berdasarkan penilaian lapangan bahwa semua gugus tugas sudah bekerja bersama-sama, sehingga melalui cek lapangan tim dari pusat menilai banyak perubahan yang sangat signifikan terkait penyelenggaraan KLA di Kabupaten Serang,” terangnya.

Hal tersebut tidak terlepas dari support pimpinan daerah baik  Bupati, Wakil Bupati, Sekda, hingga semua kepala OPD dan jejaring KLA. 

"Kita sudah bekerja bersama sehingga Alhamdulillah sesuai harapan Kabupaten Serang naik peringkat dari pratama menjadi madya. Tidak terlepas juga sinergi media massa, dunia usaha dan lainnya,” ungkap Tarkul.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Serang ini menambahkan, untuk piala penghargaan akan diserahkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten kepada Kabupaten dan Kota penerima penghargaan KLA. 

Diketahui, selain Kabupaten Serang penghargaan KLA tingkat Madya   juga diraih Kabupaten Lebak.






 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022