Pejabat (PJ) Gubernur Banten Al Muktabar menyebutkan bahwa keterlibatan keluarga mempunyai peran penting dalam mencegah terjadinya kasus stunting atau kekerdilan.

"Karena sejatinya, jiwa kita itu terbentuk dari nilai-nilai sistem yang ada pada keluarga. Maka dari itu, pola asuh dalam keluarga sangat menentukan masa depan kita seperti apa nantinya," katanya saat Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tingkat Provinsi Banten 2022 di Cilegon, Selasa.

Ia mengatakan, di momen Harganas ini tidak hanya diperingati sebagai seremoni tahunan saja. Namun harus dimaknai dalam rangka pengembangan sistem nilai-nilai yang ada di dalam keluarga itu sendiri.

Baca juga: Pemprov Banten gandeng Fakultas Kedokteran UI tingkatkan SDM kesehatan

Selain itu, lanjut dia, semangat Harganas memiliki makna-makna perjuangan karena hidup ini sendiri merupakan sebuah arena perjuangan dalam membangun sebuah keluarga yang sejahtera.

"Dengan dibangunnya rasa cinta di dalam keluarga, maka kelak akan menumbuhkan suatu kebahagiaan. Dimana kebahagiaan tersebut merupakan bagian dari output dalam tatanan keluarga yang memberikan sesuatu dan menjadi inspirasi dalam menjalani kehidupan," jelasnya.

Ia juga menekankan, peran dari para kader pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), Posyandu dan para pemangku kepentingan lainnya pada tingkat Desa/Kelurahan menjadi penting dalam penanganan stunting.

"Kita akan sangat fokus ke arah penanganan stunting dan gizi buruk. Dengan kita fokus menjalankannya bersama-sama, insya Allah semuanya akan menjadi cepat tertangani dan lebih efektif," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Utama BKKBN Republik Indonesia Tavip Agus Rayanto menyampaikan dalam memperingati Harganas tahun ini diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum yang berkualitas untuk dapat bersama-sama dalam penanganan stunting.

Ia juga menuturkan saat ini BKKBN diminta menjadi ketua pelaksanaan penurunan angka stunting di Indonesia, oleh karena itu dirinya meminta kepada semua pihak untuk dapat mendukung dalam upaya penanganan stunting.

"Harganas ini menjadi momentum yang berkualitas, khususnya peringatan ini sebagai refleksi dan apresiasi negara kepada peran keluarga dalam membangun sumber daya manusia Indonesia," kata dia.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022