Serang (AntaraBanten) - Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Provinsi Banten Opar Sohari mengatakan, terkait dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda pihaknya memberi bantuan uang pendidikan bagi atlet Banten berprestasi.

"Asal memenuhi kriteria mereka telah meraih prestasi di kancah olah raga tingkat nasional maupun Internasional maka kita beri bantuan uang pendidikan," katanya, di Serang, Selasa.

Kepala Bidang (Kabid) Prestasi Olah Raga Pelajar Dispora Banten, Djajuli Hasan menyatakan, pemberian bantuan dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober dilakukan melalui seleksi cukup ketat sesuai kriteria.

"Intinya prestasi mereka masih terus berkembang dan bisa ditingkatkan lagi untuk mengharumkan nama Banten di kancah Nasional maupun Internasional," katanya.

Setelah melalui tahap seleksi administrasi dan wawancara, kata dia, maka sebanyak 53 atlet Banten berprestasi terpilih untuk menerima bantuan uang pendidikan tersebut hingga mereka bisa lulus.

Menyinggung tentang besaran uang bantuan tersebut, Jazuli menyebutkan bantuan uang pendidikan yang diberikan tergantung prestasi masing-masing atlet.

Pihak Dispora Banten, kata dia, telah lama merancang bantuan tersebut agar para atlet bisa fokus meningkatkan prestasi olah raga mereka tanpa dipusingkan masalah biaya pendidikan dan agar mereka merasa lebih diperhatikan oleh pemerintah daerah.

Untuk saat ini, kata dia, Dispora Banten baru mampu memberikan dana bantuan untuk peraih emas sebesar Rp7 juta, peraih perak mendapatkan Rp6 juta, dan peraih medali perunggu Rp5 juta.

"Saya berharap, jangan dilihat nominalnya karena memang anggaran kita juga masih terbatas. Tapi mulai saat ini, kami ingin memperhatikan atlet-atlet Banten yang mampumengharumkan nama daerah," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014