Serang (AntaraBanten) - Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) menyiapkan anggaran sekitar Rp100 miliar pada Tahun 2015, untuk pinjaman Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) di Banten.

"LPDB telah mengalokasikan dana sebesar Rp100 miliar untuk Provinsi Banten pada tahun 2015," kata Direktur Umum dan Hukum LPDB, Sutowo pada sosialisasi dana bergulir LPDB di Serang, Rabu.

Sutowo mengharapkan dengan adanya sosialisasi tersebut, dana yang telah disediakan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku Koperasi dan UKM di Provinsi Banten.

"Kami berharap koperasi dan UMKM di Banten, bisa memanfaatkan dana bergulir tersebut dengan baik," kata Sutowo dalam sosialisasi yang dibuka Asisten II Bidang Pembangunan dan Kesra Provinsi Banten Widodo Hadi.

Ia mengatakan, LPDB-KUMKM merupakan satuan kerja dari Kementerian Koperasi dan UKM, yang bertugas untuk mengelola dana bergulir dalam bentuk pinjaman/pembiayaan kepada Koperasi dan UKM.

Menurut dia, lembaga yang didirikan sejak tahun 2006 tersebut telah menyalurkan pinjaman/pembiayaan dana bergulir sebesar Rp5 triliun yang disalurkan kepada 599.812 UMKM melalui 3.445 mitra koperasi dan non koperasi di seluruh Indonesia.

Sementara Asda II Pemprov Banten Widodo Hadi mengatakan serapan dana bergulir LPDB di Provinsi Banten masih terbilang rendah yaitu sebesar Rp45,9 miliar. Oleh sebab itu, pihaknya berharap koperasi dan UMKM di Banten bisa memanfaatkan kesempatan yang diberikan LPDB dengan baik.

"Kami sangat mengapresiasi upaya LPDB untuk menyosialisasikan program dana bergulir, dengan harapan para pelaku Koperasi dan UKM di Provinsi Banten dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik," kata Widodo.

Widodo juga menekankan agar para pelaku koperasi dan UMKM, untuk bisa mengelola dan memanfaatkan pinjaman tersebut dengan sebaik-baiknya, mengingat dana tersebut berupa pinjaman yang harus dikembalikan.

"Jangan lupa, bagi para pelaku koperasi dan UMKM, dana ini bentuknya pinjaman dengan bunga rendah yang harus dikembalikan, bukan dana hibah," kata Widodo.

Sosialisasi dana pinjaman dari LPDB tesebut dihadiri para Kepala Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM Provinsi Banten dan kabupaten/kota, serta sekitar 300 pelaku koperasi dan UMKM di Provinsi Banten.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014