Baznas Kota Tangerang Banten menargetkan penerimaan zakat tahun 2022 sebesar Rp12 miliar dan pada bulan Ramadhan ini sudah terealisasi 50 persen.

"Target penerimaan Rp12 miliar untuk penerimaan selama periode Januari-Desember 2022. Khusus di Ramadhan penerimaan bisa mencapai setengahnya," kata Ketua Baznas Kota Tangerang, KH. M Aslie Elhusyairy di Tangerang, Selasa.

Baca juga: Pelaku UMKM diajak wujudkan Kota Tangerang penghasil produk unggul

Baznas Kota Tangerang mulai menyalurkan zakat kepada masyarakat yang masuk dalam kategori penerima. "Besok 1 miliar akan disalurkan," ucapnya.

Baznas juga mengimbau masyarakat yang ingin melakukan pembayaran zakat maka bisa melalui Gerai Zakat di Gedung MUI, Kantor Kecamatan, serta UPZ Masjid dan Musholla yang sudah memiliki izin pengumpulan zakat.

Penerimaan zakat di Kota Tangerang ada dua yaitu, zakat maal dan zakat fitrah. "Untuk saat ini, hanya zakat maal dan zakat fitrah saja. Kalau zakat pertanian dan lain-lain itu tidak ada karena tidak ada penghasilan dari situ. Besaran zakat tahun ini sudah ditentukan yaitu sebesar 35 ribu," katanya

Aslie melanjutkan, penerimaan zakat pada tahun 2021 mencapai sebesar Rp6.16 miliar yang disalurkan untuk sejumlah program seperti Rp1,13 miliar bidang pendidikan, Rp374 juta program ekonomi, Rp158 juta program kesehatan, Rp2,25 miliar program kemanusiaan, Rp249 juta program keagamaan dan Rp967 juta untuk penyaluran via UPZ.

"Untuk masyarakat yang ingin menerima zakat, cukup datang ke kantor kecamatan masing-masing. Kalau data di kecamatan tidak ada, bisa langsung datang ke kantor Baznas," lanjutnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022