Serang (AntaraBanten) - Ribuan warga Banten "menyerbu" arena Banten Expo 2014 yang dibuka Pelaksana Tugas Gubernur Banten, Rano Karno di Stadion Maulana Yusuf Serang, di Serang, Rabu.

Setelah Banten Expo 2014 dalam rangkaian HUT ke-14 Banten tersebut dibuka Rano Karno, warga langsung memasuki tenda besar yang berisi sekitar 165 stand. Berbagai produk UMKM, perbankan, serta peserta dari SKPD Provinsi Banten dan kabupaten/kota menampilkan hasil produk unggulan dan program masing-masing.

Bahkan dalam Banten Expo 2014 ini sebanyak 16 peserta kehormatan dari provinsi dan kabupaten/kota di luar Banten ikut meramaikan kegiatan tahunan tersebut.

Provinsi lainnya yang turut serta diantaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Bengkulu dan Jambi.

Kabupaten/kota lainnya yang juga ikut meramaikan Banten Expo 2014 yakni Kabupaten Natunan Rejang Lebong, Bandar Lampung, Bogor dan Pati.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten, Ranta Soeharta mengatakan, tema kegiatan Banten Expo 2014 yakni "Banten Expo 2014 dan Gerakan Pembayaran Non Tunai Kita Sambut masyarakat ekonomi Asean (MEA) 2015". Adapun jumlah peserta yang terlibat sebanyak 104 lembaga/instansi dan SKPD dengan jumlah 165 stand.

"Peserta dari SKPD Provinsi Banten ada 31 dengan jumlah 75 stand.

Ranta berharap, Banten Expo 2014 sebagai ajang sosialisasi berbagai program pemerintah dan produk UMKM serta perbannkan. Kemudian menciptakan sinergi lintas kabupaten/kota agar bisa mengembangkan potensi daerahnya.

"Dengan kegiatan ini juga kita bisa tukar wawasan ataupun sharing dengan daerah lain, serta sosialisasi berbagai produk. Kami berharap melalui kegiatan ini juga bisa meningkatkan daya saing bagi produk UMKM di Banten," kata Ranta.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Gubernur Banten juga mencanangkan gerakan nasional non tunai untuk masyarakat di Provinsi Banten.

"Masyarakat Banten siap tidak siap, harus siap untuk melakukan transaksi bisnis non tunai," kata Rano Karno 

Rano mengatakan, kegiatan Banten Expo 2014 ini merupakan ajang tukar menukar informasi perdagangan, sebagai upaya mengembangkan pelaku usaha atau UMKM  yang ada di Banten. Karena dalam kegiatan Banten Expo ini juga diikuti Dinas Perdangangan dari perwakilan Provinsi  dan perwakilan kabupaten/kota se-Indonesia.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014