Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Banten, mencatat sebanyak 461 ribu atau 21 persen warga di daerah itu telah menerima dosis vaksinasi tahap tiga atau penguat antibodi selama bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

"Saat ini penerima vaksin tahap tiga ada sebanyak 461 ribu warga atau baru mencapai 21 persen dari target sasaran 30 persen selama Ramadhan ini," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang, Hnedra Tarmizi di Tangerang, Selasa.

Baca juga: Bupati Ahmed: Pola belanja online tantangan pasar tradisional

Ia mengatakan, tren peningkatan capaian vaksinasi dosis penguat ini dipengaruhi oleh adanya syarat vaksin untuk mudik Lebaran tahun 2022 oleh pemerintah, sehingga turut meningkatkan animo masyarakat.

"Tentunya ini efek dari adanya kebijakan pemerintah yang mewajibkan masyarakat mendapat vaksin tahap tiga sebagai syarat mudik," katanya.

Dengan demikian, kata Hendra, Pemerintah Kabupaten Tangerang saat ini terus berupaya membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dengan membuka sentra-sentra vaksin COVID-19 di seluruh fasilitas kesehatan.

"Jadi diharapkan nantinya pemberian vaksin ini membantu menambah kekebalan kelompok masyarakat secara menyeluruh dan mampu mencegah terjadinya penularan virus corona selama libur Lebaran nanti," ujarnya.

Ia menyebutkan, beberapa skema juga masih terus dioptimalkan oleh pihaknya, seperti pelayanan vaksin di posko-posko pengamanan mudik Lebaran. Kemudian layanan dari pintu ke pintu hingga membuka gerai vaksin di sejumlah tempat keramaian.

"Kami juga bersama TNI/Polri melakukan vaksinasi malam hari dengan mendatangi tempat ibadah, selain itu ada layanan vaksin di posko-posko pengamanan mudik kita sediakan," ungkapnya.

Hendra mengaku, dari total sasaran vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Tangerang yaitu sebanyak 2.851.583 jiwa, sebanyak 2.260.512 jiwa atau setara mencapai 79 persen telah menerima vaksin dosis tahap pertama. Sedangkan, untuk dosis tahap ke dua sebanyak 1.883.771 jiwa telah tervaksinasi.

"Untuk stok dosis vaksin saat ini ada sekitar 50 ribu, jadi masih aman, dan mungkin sampai Lebaran nanti," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022