Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyatakan pola balanja yang cenderung memilih secara online menjadi tantangan dalam memajukan pasar tradisional supaya tetap menjadi tujuan masyarakat untuk membeli berbagai kebutuhan pokok.

"Pola pikir para konsumen saat ini lebih cenderung beralih ke pasar online serta tuntutan kebersihan dan higienitas produk yang diinginkan. Maka tentunya menjadi tantangan untuk bagi pasar tradisional, termasuk di Kabupaten Tangerang," katanya saat melantik Finny Widiyanti sebagai Direktur Utama Perum Pasar Niaga Kerta Raharja Kabupaten Tangerang periode 2022-2027," Selasa.

Baca juga: Lakukan Pelatihan dan Pembukaan Rekening, 23.000 Nasabah PNM Cetak 2 Rekor MURI Sekaligus

Survei Ipsos Global Trends 2021 bertema "Aftershocks and Continuity" merangkum berbagai temuan, salah satunya adalah kenaikan belanja online di masa pandemi COVID-19, di mana produk lokal mendominasi pilihan konsumen Indonesia.

Menurut survei tersebut, delapan dari sepuluh pasar di dunia menyatakan belanja online lebih mudah daripada berbelanja di toko tradisional, di mana Indonesia memiliki persentase tertinggi (73 persen) di antara 25 negara yang disurvei.

Survei yang melibatkan 25 negara itu menemukan bahwa masyarakat di beberapa negara merasa berbelanja online lebih sulit dibandingkan di toko tradisional atau offline, antara lain di Afrika Selatan (59 persen), Kenya (60 persen) dan Nigeria (65 persen)

Zaki berharap direktur utama yang baru dilantik itu, dapat memberikan warga serta bisa  meningkatkan kinerja dan memajukan Pasar Niaga Kerta Raharja sehingga bisa terus berkembang dan tetap menjadi pilihan masyarakat untuk berbelanja.

Pergantian Dirut PD Pasar Niaga Kerta Raharga, kata dia, selain peremajaan pimpinan pasar tradisional tersebut, juga salah satu upaya  untuk pembangunan dan perkembangan sosial ekonomi dan gaya hidup masyarakat yang menginginkan tempat belanja yang representatif.

"Saya berharap kepada Direktur Utama PD Pasar Niaga Kerta Raharja yang baru agar secepatnya menyusun strategi dan langkah-langkah serta perencanaan yang matang. Konsolidasi guna mengatasi kendala dalam penataan kembali pasar tradisional di Kabupaten Tangerang," ujarnya.

Ia pun berpesan kepada Dirut baru agar berhati-hati dalam mengeluarkan kebijakan yang ditentukan, dan jangan sampai dapat merugikan perusahaan.

"Ciptakan suasana kerja yang aman dan nyaman yang pada akhirnya nanti mampu menghadirkan ide brilian demi kemajuan Perumda Pasar NKR," kata dia.

 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022