Dalam rangka memperkenalkan tugas dan fungsi Bea dan Cukai kepada siswa dan siswi di sekolah, Kantor Wilayah Bea Cukai Banten kembali menyelenggarakan Customs Goes To School. Kegiatan ini dimaksudkan juga sebagai tindak lanjut sosialisasi mengenai APBN yang telah dilaksanakan pada tanggal 21 s.d 25 Februari 2022 dalam balutan kegiatan APBN Week, yang
diikuti 43 sekolah dengan peserta kurang lebih 600 siswa/siswi SMA/SMK/MA sederajat di Provinsi Banten.

Customs Goes To School kali ini dilakukan kepada sekolah dengan peserta terbanyak pada kegiatan APBN Week, yaitu SMA Negeri 27 Kabupaten Tangerang dan SMK Negeri 4 Kota Tangerang Selatan.

Baca juga: Bea Cukai Banten salurkan bantuan bagi warga terdampak banjir

Selain sosialisasi pelaksanaan tugas dan fungsi Bea Cukai, dalam Customs Goes To School kali ini juga disampaikan pengenalan mengenai sekolah kedinasan PKN STAN, yaitu terkait informasi seluk beluk apa itu PKN STAN dan bagaimana cara masuk sekolah tersebut. Hal ini dilakukan terkait banyaknya pertanyaan yang diberikan terkait PKN STAN saat pelaksanaan APBN Week. Diharapkan hal ini dapat meningkatkan minat siswa dan siswi terhadap sekolah kedinasan.

“Bea dan Cukai tentunya senantiasa menjalin ikatan dengan dunia pendidikan, salah satunya melalui kegiatan Customs Goes To School. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa dan siswi di sekolah bisa paham dan tahu mengenai tugas dan fungsi Bea Cukai. Selain itu memperkenalkan Bea Cukai pada mereka merupakan salah satu strategi silaturahmi dalam merangkul dan mendekatkan Bea Cukai dengan masyarakat.” ujar Rahmat Subagio, Kepala Kanwil Bea Cukai Banten saat dimintai keterangan oleh media.
Petugas Kanwil Bea Cukai Banten diterima Bambang, Wakil Kepala Sekolah merangkap Humas SMKN 4. (Foto Antara/Bea Cukai)


Sementara itu Kepala SMAN 27 Kabupaten Tangerang, Joni Restono menyampaikan ucapan terima kasih sebesar besarnya kepada Kepala Kanwil Bea Cukai Banten atas kunjungan pegawainya. “ Kami berharap kedepannya Bea Cukai bisa kembali datang ke sekolah kami dan mensosialisasikan lagi terkait Bea Cukai, tentunya dengan siswa yang lebih banyak. Sehingga siswa dan siswi kami bisa mendapatkan informasi-informasi yang berharga” tuturnya.

Senada dengan hal diatas, Bambang, Wakil Kepala SMKN 4 Kota Tangerang Selatan menyampaikan hal yang sama. “Apabila situasi sudah kondusif dan pandemi perlahan-lahan berakhir, kami akan sangat senang apabila Bea Cukai bisa datang kembali ke sekolah kami. Mengingat saat APBN Week banyak siswa yang tidak bisa mengikuti, bahkan saat ini pun masih dibatasi kehadirannya dan beberapa siswa sedang menjalankan PKL,” ujarnya.

Kanwil Bea Cukai Banten akan terus melakukan kegiatan sosialisasi tugas dan fungsinya kepada masyarakat khususnya siswa/siswi sekolah, hal ini dimaksudkan juga untuk membuka wawasan siswa/siswi sebagai calon pemimpin bangsa. Dengan kegiatan ini siswa/siswi diharapkan dapat terinspirasi sehingga bersemangat dalam belajar untuk menggapai cita-cita.

Pewarta: weli

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022