Sebelumnya pada 1 Maret 2022 beberapa titik di wilayah Serang Banten mengalami musibah banjir dikarenakan curah hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi yang cukup lama.
Sekitar 3.500 kepala keluarga di 43 titik banjir terpaksa mengungsi dan menjadi korban dikarenakan tempat tinggalnya terendam air.

Selama tiga pekan di bulan Maret ini, Bea Cukai Banten berusaha hadir ditengah-tengah masyarakat, berupaya bersama-sama untuk sedikit meringankan beban dari warga yang terdampak banjir. Bantuan-bantuan diserahkan secara bertahap dengan melibatkan pegawai Bea Cukai Banten serta Dharmawanita Persatuan dalam penggalangannya.

Baca juga: Bea Cukai lakukan asistensi pada PT GHCI

Pada minggu pertama. Hari Jumat, 06 Maret 2022, Kanwil DJBC Banten, KPPBC TMP Merak, dan KPPBC TMP A Tangerang sigap bergerak menyalurkan bantuan melalui Lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT). Kegiatan dilakukan di KPPBC TMP Merak, yang kemudian bantuan tersebut akan dikelola segera oleh lembaga ACT untuk memenuhi kebutuhan asupan makan, air bersih, pakaian, Obat-obatan serta kebutuhan lain dari para korban terdampak.
Bantuan sosial juga diserahkan lewat Posko penanganan banjir di Kampung Kenari Serang Banten, diterima tokoh masyarakat Gus Jempol. (Foto Antara/Bea Cukai)


Pada minggu kedua. Hari Rabu, 09 Maret 2022, Dharmawanita Persatuan dari Kanwil DJBC Banten, KPPBC TMP Merak, dan KPPBC TMP A Tangerang bersama-sama melakukan kunjungan ke lokasi terdampak banjir dan kemudian menyalurkan kebutuhan-kebutuhan pokok di dua posko bantuan yaitu di Kampung Kenari Serang dan di Kaibon Serang. Bantuan diterima langsung oleh tokoh maupun ketua RW dan RT setempat yang kemudian langsung didistribusikan segera kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dari kunjungan di Kampung Kenari, tokoh masyarakat setempat menyampaikan bahwa masih banyak warga yang membutuhkan beberapa kebutuhan mengingat hampir 1000 kepala keluarga di kampung tersebut terdampak langsung oleh ganasnya banjir.

Hingga pada minggu ketiga di hari Selasa, 15 Maret 2022 Bea Cukai Banten yang kali ini menggandeng DKM Masjid Al Asr Kanwil DJBC Banten Kembali menyalurkan beberapa kebutuhan sandang guna sedikit memenuhi kebutuhan warga yang terdampak banjir yang sebagaimana telah disampaikan kepada perwakilan Bea Cukai Banten pada kunjungan di minggu sebelumnya.

Selain diserahkan ke posko Kampung Kenari, bantuan lain juga diserahkan langsung kepada warga yang rumahnya harus terdampak roboh terhempas banjir.

Ditemui dalam kesempatan terpisah, Kepala Kantor Wilayah DJBC Banten, Rahmat Subagio menyampaikan pentingnya keberadaan instansi dalam merangkul warga masyarakat yang mengalami musibah. “Hal yang sangat penting dan sangat utama adalah menanamkan dalam hati para korban bahwa mereka tidak sendirian. Kami Bea Cukai akan senantiasa selalu hadir dan peduli serta akan selalu ada dan berdoa. Semoga warga yang terdampak bisa ikhlas bersabar dan kembali bangkit menjalani kehidupan kedepannya serta bantuan yang diberikan bisa sedikit meringankan dan menguatkan.” Ujar Rahmat Subagio

Pewarta: weli

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022