Serang (AntaraBanten) - Kepolisian Daerah (Polda) Banten menempatkan sebanyak 489 personel polisi dalam upaya pengamanan pelaksanaan arus mudik Lebaran 2014 di Pelabuhan Merak.

"Total personel yang disiapkan untuk pengamanan dan pelayanan pada saat arus mudik atau operasi ketupat sekitar 2.650 personel. Khusus yang ditempatkan di Merak sekitar 489 personel polisi," kata Kapolda Banten Brigjen Pol M Zulkarnain di Serang, Sabtu.

Kapolda mengatakan, terkait pengamanan Lebaran akan lebih difokuskan di sekitar Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, karena merupakan titik rawan kepadatan lalu-lintas di Merak. Selain itu ada beberapa lokasi lainnya yang rawan terjadinya kemacetan pada saat puncak arus mudik.

"Senin besok kami akan gelar pasukan dangan kekuatan personel sebanyak 2.650 orang polisi," kata Brigjen Pol M Zulkarnain saat menghadiri rekapitulasi penghitungan suara Pilpres 2014 tingkat KPU Provinsi Banten.

Selain masalah kemacetan dan kepadatan kendaraan, kata Kapolda, kerawanan lainnya di Merak karena menjadi pusat berkumpulnya masyarakat sehingga rawan terjadinya kejahatan seperti pencopetan, penipuan, hipnotis dan kejahatan lain.

"Pada titik rawan kecelakaan kita siapkan 'trafic cone'," katanya. 

Sedangkan objek-objek vital di Banten yang perlu pengamanan ekstra selain pengamanan internal diantaranya sejumlah lokasi industri seperti PT Posco, PT Chandara Asri, Pertamina , Indonesia Power.

Sementara itu  khusus semua pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua atau motor disiapkan khusus di dermaga 4 dan 5 di pelabuhan Merak. Kemudian pemudik motor menuju pelabuhan Merak akan kawal supaya tertib dan tidak.

Kapolda Banten juga mengimbau masyarakat manakala meninggalkan rumah untuk mudik supaya titip kepada tetangga khawatir ada orang tidak dikenal masuk rumah. Selain itu masyarakat juga diminta aktif melakukan kegiatan siskamling di lingkungannya masing-masing.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014