Bertempat di Gedung Kanwil DJBC Banten, Bea Cukai Banten menggelar Rapat  Kerja Wilayah (Rakerwil) selama dua hari pada 27-28 Januari 2022. Rakerwil 2022 kali ini bertemakan “Kita untuk Pemulihan Ekonomi Nasional”. KITA  disini merupakan singkatan dari Kolaborasi, Inovasi, Transparansi, dan Adaptasi. 

Rakerwil 2022 kali ini memang menekankan pada strategi Bea Cukai Banten dalam mendorong  Pemulihan Ekonomi Nasional melalui KITA (Kolaborasi, Inovasi, Transparansi, dan Adaptasi).  Program Kolaborasi dengan instansi lain, APH, Stakeholder, maupun UMKM kedepannya akan semakin ditingkatkan untuk memudahkan kordinasi. Dengan Kolaborasi yang baik penyamaan visi dan misi dapat terlaksana, dan tentunya sinergi yang terjalin akan lebih sempurna. 

Baca juga: Kinerja Bea Cukai Banten bidang penindakan menorehkan prestasi membanggakan

Bea Cukai Banten juga akan semakin meningkatkan pelayanan dan pengawasan dengan terus menciptakan inovasi-inovasi yang dapat mendukung kebijakan reformasi birokrasi. Selain itu Bea Cukai Banten akan senantiasa untuk tetap menjaga aspek transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi dibidang Kepabeanan dan Cukai agar perekonomian bisa segera bangkit dan pulih. 
Kepala Kanwil DJBC Banten Rahmat Subagio. (Foto Istimewa)

Di masa pandemi kecepatan dalam Adaptasi menjadi hal yang sangat penting, terutama pada sektor pelayanan dan pengawasan. Dalam menyusun strategi pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai Banten tentu harus memitigasi situasi dan menyesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini. Dukungan berupa relaksasi dan fasilitas yang mengakomodir pengguna jasa berupa insentif fiskal menjadi bukti adaptasi Kanwil DJBC Banten dalam merespon dampak pandemi Covid-19.

Pada rapat hari pertama dilakukan pembagian komisi yang terdiri dari Komisi A yaitu Bidang Potensi Penerimaan dan Pelayanan, Komisi B yaitu Bidang Pengawasan, dan Komisi C yaitu Bidang Umum. 

Setiap komisi kemudian rapat untuk menerima gagasan dan masukan dari anggota, kemudian menyusun program kerja berdasarkan fokus pada masing-masing komisi. Selanjutnya hasil dari rapat antar Komisi tersebut dibahas secara tuntas dan dipresentasikan bersama pada Rakerwil hari kedua. Dari Rakerwil  2022 tersebut, ditentukan 45 Program kerja yang harus dilaksanakan selama tahun 2022.
 
Foto bersama peserta Rakerwil Kanwil DJBC Banten. (Foto Istimewa)

“Meskipun dilakukan pembagian komisi, namun dalam Rakerwil kali ini semua peserta rapat juga fokus pada isu bersama dan hal-hal yang sangat penting untuk di mitigasi dan di evaluasi pelaksanaannya.Rakerwil ini merupakan wadah dalam menuangkan ide dan gagasan yang inovatif, dimana Bea Cukai Banten akan senantiasa berperan dan terus konsisten mendukung UMKM serta kebijakan pemerintah dalam menguatkan perekonomian” tutur Rahmat Subagio, Kepala Kantor Wilayah DJBC Banten.

“Kita semua layak berkontribusi dalam melakukan aksi nyata, demi membantu indonesia melewati masa-masa sulit ditengah pandemi ini. Rakerwil 2022 kali ini merupakan sebuah langkah awal, KITA untuk Pemulihan Ekonomi Nasional” tambahnya.

Pewarta: Weli

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022